Kamis, 30 Juli 2020 21:45

Panen Raya Jagung di Jeneponto, Menteri Pertanian: Tingkatkan Area Tanam, Produktivitas Harus Bagus

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (kanan), didampingi Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar.
Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (kanan), didampingi Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar.

Kementerian Pertanian menargetkan produksi jagung tahun 2020 lebih tinggi dari tahun lalu demi mengamankan pasokan jagung dalam negeri. "Kita harus pastikan produksi jagung cukup sesuai kebutuhan bulanan. Luas tanam kita tingkatkan, tapi produktivitas juga harus bagus," kata Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo.

RAKYATKU.COM, JENEPONTO - Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, bersama petani dan masyarakat melakukan panen raya jagung di Desa Karelayu, Kecamatan Tamalatea, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Kamis (30/7/2020).

Dalam kunjungannya ini, Syahrul menekankan bahwa pertanian adalah sektor yang sangat penting dalam kontribusi terciptanya masyarakat damai dan sejahtera. Selama pangan cukup tersedia dan terjangkau, maka dapat dipastikan bahwa rakyat akan hidup tenang dan bahagia.

"Potensi lahan padi dan jagung ini menjadi hal yang penting dalam produksi pangan. Kegiatan produksi dan distribusi harus berjalan dengan baik, sehingga kebutuhan pangan masyarakat aman," kata Syahrul. Jeneponto punya lahan baku sawah sekitar 25.996 hektare dengan produktivitas 5-6 ton per hektare dan sekitar 32.648 hektar jagung.

Baca Juga : Pj. Gubernur Jateng Apresiasi Mentan Amran atas Solusi Cepat Bagi Petani

Kementan menargetkan produksi jagung tahun 2020 lebih tinggi dari tahun lalu demi mengamankan pasokan jagung dalam negeri. "Kita harus pastikan produksi jagung cukup sesuai kebutuhan bulanan. Luas tanam kita tingkatkan, tapi produktivitas juga harus bagus," kata Syahrul.

Syahrul juga mengajak agar terus dapat bekerja sama untuk membangun pertanian. Kementerian akan turut bekerja maksimal mendampingi petani. "Lakukan percepatan tanam setelah panen ini dilakukan, hingga kita dapat terus berproduksi untuk pangan negeri," serunya.

Baca Juga : Halal Bihalal Kementerian Pertanian, Mentan Amran Bicara Cinta Membangun Pertanian Gemilang

Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar, menyampaikan atas nama pemerintah dan masyarakat Jeneponto, dia menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat datang kepada menteri bersama seluruh rombongan.

Iksan mengatakan, masih banyak hal yang perlu terus dilakukan untuk lebih meningkatkan produktivitas berbagai jenis pertanian. Karena itu, pihaknya senantiasa mengharapkan dukungan dan bantuan kementerian dalam pemenuhan sarana dan prasarana bagi para petani.

Termasuk pupuk bersubsidi dan bantuan benih jagung dan padi agar tetap berjalan. Kemudian bantuan jenis Alsintan, seperti pompa air, dryer jagung yang masih terbatas, hand tractor, dan kebutuhan lainnya yang belum mencukupi.

Baca Juga : Kebut Optimalisasi Lahan, Kementan Gelar Tanam Padi Perdana di Kalimantan Tengah

"Jika Waduk Kareloe yang merupakan rintisan Bapak Menteri telah beroperasi, maka insyaallah, Jeneponto dapat menjadi lumbung pangan nasional. Kami berharap bentuk perhatian ini berkesinambungan, dalam mengembangkan berbagai potensi yang ada diseluruh wilayah Jeneponto," kata Iksan.

Penulis : Samsul Lallo
#Kementerian Pertanian #Pemkab Jeneponto #Jagung