Kamis, 30 Juli 2020 22:02

Patung di Markas CIA Simpan Kode Rahasia, 30 Tahun Belum Terpecahkan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: Intel Today.
Foto: Intel Today.

Patung ini dibuat seniman Jim Sanborn pada 1980-an. Dipesan untuk ditaruh di tengah markas besar CIA di Langley, Virginia. Hingga kini Sanborn masih menunggu orang yang mampu memecahkan teka-teka di dalam patung itu.

RAKYATKU.COM - Patung di tengah kompleks markas besar Central Intelligence Agency (CIA) di Amerika Serikat yang menyimpan kode rahasia.

Kode rahasia ini membuat banyak ahli kode atau kriptolog bingung dalam beberapa dekade saat berusaha memecahkan isi pesannya.

Patung ini dibuat seniman Jim Sanborn pada 1980-an. Dipesan untuk ditaruh di tengah markas besar CIA di Langley, Virginia.

Sanborn tahu karyanya akan menjadi perhatian setiap hari dari para pejabat tinggi intelijen. Makanya, dia sengaja membuatnya seperti teka-teka.

Patung ini akhirnya dipasang pada 3 November 1990 dan bernama Kryptos. Patung itu berisi tantangan kriptografi. Sanborn sempat berpikir seseorang akan memecahkan kode itu dalam beberapa pekan saja.

Kryptos ini lalu ditaruh di halaman markas CIA. Patung Kryptos ini melengkung seperti layar dari tembaga berukuran empat meter kali tujuh meter.

Ada banyak huruf yang terpasang di permukaan patung ini. "Saya potong satu-satu hurufnya, ada sekitar 2 ribu huruf," beber Sanborn.

Awalnya susunan huruf ini terkesan berserakan dan acak. Akan tetapi, Sanborn mengatakan ada empat pesan tersembunyi yang harus diperhatikan.

Tidak terlatih membuat kode, Sanborn lalu meminta bantuan kepada Edward Scheidt, yang merupakan ahli kriptologi dan pernah menjadi ketua pusat Kriptologi CIA sebelum dia pensiun.

Hingga kini Sanborn masih menunggu orang yang mampu memecahkan teka-teka di dalam patung karyanya itu.

"Saya tidak berpikir itu akan berlangsung selama ini, (tiga puluh tahun) tanpa terpecahkan," kata Sanborn dilansir dari CNN, Selasa (28/7/2020).

#Kryptos CIA #CIA #Kode Rahasia