Selasa, 14 Juli 2020 21:07

Respons Cepat Banjir, Gubernur Sulsel Kirim Bantuan ke Luwu Utara

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Gubernur Sulsel, Nurdin Abdulah.
Gubernur Sulsel, Nurdin Abdulah.

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdulah, merespons cepat banjir bandang yang terjadi di Masamba, Kabupaten Luwu Utara (Lutra). Ia mengirimkan bantuan ke lokasi tersebut

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Gubernur Sulsel, Nurdin Abdulah, merespons cepat banjir bandang yang terjadi di Masamba, Kabupaten Luwu Utara (Lutra). Ia mengirimkan bantuan ke lokasi tersebut.

Nurdin mengatakan, turut prihatin atas musibah banjir yang beruntun di Kabupaten Luwu Utara khususnya di Masamba. Serta atas nama pemerintah menyampaikan bela sungkawa sedalam-dalamnya atas musibah banjir yang menelan korban jiwa ini.

"Atas nama pemerintah menyampaikan bela sungkawa sedalam- dalamnya atas musibah banjir yang menelan korban jiwa. Semoga almarhum mendapat tempat yang layak di sisi Allah," kata Nurdin yang sedang berada di Jakarta, Selasa (14/7/2020).

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan tentu akan mengambil langkah-langkah bersama dengan Pemerintah Kabupaten Luwu Utara. Nurdin telah meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BDBD) Sulsel untuk memberikan bantuan.

"BPBD Provinsi juga saya minta untuk segera bergerak terutama untuk penyedia air bersih dan dapur umum," sebutnya.

Nurdin juga telah mendapat laporan dari Pemeritah Luwu Utara yang telah menyiapkan lokasi pengungsian baik di Kantor DPRD, Kantor Bupati, dan jika ada yang mengalami masalah kesehatan di rumah sakit. 

Nurdin akan segera turun memantau melihat dan sekaligus memerintahkan untuk segera melakukan rekonstruksi terutama yang mengalami kerusakan.

"Saya berharap kita bersatu padu untuk bersama sama melakukan upaya pemulihan agar masyarakat bisa hidup normal kembali," ucapnya.

Ia juga menambahkan, telah berkomunikasi dengan Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani melalui sambungan telepon semalam.

"Sudah ada komunikasi. Sekarang di Masamba ini sinyal lemah dan ini menghambat kita berkomunikasi, tetapi semalam Ibu Bupati sudah menyampaikan kondisi yang ada," jelasnya.

Kepala BPBD Sulsel, Ni'mal Lahamang, menuturkan bantuan telah dikirimkan dan Tim Reaksi Cepat BPBD Sulsel sudah menuju Masamba.

"BPBD Sulsel sudah membawa bantuan ke Masamba dan  mendistribusikannya, serta menyertakan satu uni mobil tangki terkait penanganan pembersihannya pascabanjir," sebutnya. 

Adapun bantuan logistik awal yang disalurkan, sembako 150 paket, makan siap saji 120 paket, shelter 20 paket, hyginie kit 20 paket.