Selasa, 14 Juli 2020 19:44

Dituduh Mata-mata CIA, Mantan Pejabat Kementerian Pertahanan Iran Dieksekusi

Suriawati
Konten Redaksi Rakyatku.Com

Seorang mantan pejabat Departemen Pertahanan Iran telah dieksekusi atas tuduhan dugaan spionase untuk Badan Intelijen Pusat (CIA) Amerika Serikat

RAKYATKU.COM, TEHERAN - Seorang mantan pejabat Kementerian Pertahanan Iran telah dieksekusi atas tuduhan spionase untuk Badan Intelijen Amerika Serikat (CIA).

Juru Bicara Pengadilan Iran, Gholam Hossein Esmaeili mengatakan bahwa orang yang dieksekusi adalah pensiunan sektor kedirgantaraan kementerian pertahanan, bernama Reza Asgari.

Eksekusinya dilakukan pekan lalu, menyusul putusan dari pengadilan.

Esmaeili mengatakan bahwa individu tersebut telah bekerja selama bertahun-tahun di Kementerian dan telah dikaitkan dengan CIA selama tahun-tahun terakhir masa jabatannya dan setelah pensiun.

Kantor berita Mizan Online melaporkan bahwa Asgari dituduh telah menyerahkan informasi tentang rudal Iran kepada CIA.

 

Dia diduga telah bekerja selama bertahun-tahun di Kementerian dan telah dikaitkan dengan CIA selama tahun-tahun terakhir masa jabatannya dan setelah pensiun.

Pada awal Juni, Iran juga menjatuhkan hukuman mati pada seorang mata-mata lain yang terkait dengan badan intelijen asing.

Sponsored by MGID

"Baru-baru ini seorang individu bernama Seyyed Mahmoud Mousavi Majd, yang telah terhubung dengan layanan Mossad dan CIA dan telah mengumpulkan dan mentransmisikan intelijen di lokasi Martir Jenderal Soleimani, telah dijatuhi hukuman mati oleh Pengadilan Revolusi Islam," kata Esmaeili.

Mahmoud Mousavi Majd dituduh mentransfer informasi tentang komandan militer Iran Qasem Soleimani, yang tewas dalam serangan udara AS di Irak pada 3 Januari.

Namun hukuman terhadap Majd belum ditegakkan, kata Esmaeili.

Sponsored by advertnative