Senin, 13 Juli 2020 09:02

Pejabat PBB: MBS Tersangka Utama Kasus Pembunuhan Khashoggi

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Mohammed bin Salman. (Foto: The Times)
Mohammed bin Salman. (Foto: The Times)

Seorang pejabat PBB, Agnes Callamard, mengatakan bahwa Putra Mahkota Arab, Mohammed bin Salman (MBS), adalah tersangka utama kasus pembunuhan Jamal Khashoggi

RAKYATKU.COM - Seorang pejabat PBB, Agnes Callamard, mengatakan bahwa Putra Mahkota Arab, Mohammed bin Salman (MBS), adalah tersangka utama kasus pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi di Istanbul pada 2018.

Menurut Callamard, meskipun dia tidak memiliki bukti terhadap MBS, tetapi dalam hal memerintah dan menghasut pembunuhan, dia adalah tersangka utama.

"Begini, saya pikir dia adalah tersangka utama dalam hal menentukan siapa yang memerintahkan atau yang menghasut pembunuhan," kata Callamard kepada Anadolu Agency yang dikutip pada Senin (13/7/2020).

Pengacara hak asasi manusia terkenal itu melanjutkan, "Dia ada dalam gambaran. Secara pribadi, saya tidak memiliki bukti yang menunjuk kepadanya sebagai telah memerintahkan kejahatan." 

Dia berujar, bukti tidak langsung menunjukkan bahwa kejahatan seperti itu tidak mungkin terjadi tanpa kontribusi MBS.

"Saya percaya bahwa menurut informasi yang diberikan lebih dari setahun yang lalu, CIA mungkin memiliki informasi ini," katanya.

Callamard juga mencatat bahwa persidangan Turki sedang diadakan "in absentia" karena semua orang tahu bahwa Arab Saudi tidak akan membiarkan para terdakwa menghadapi persidangan di Turki.

"Namun demikian, saya pikir ini penting. Saya ingin mencatat bahwa para terdakwa diwakili, bahwa mereka telah ditugaskan sebagai pengacara yang ditugaskan negara," katanya.

Callamard menggambarkan persidangan di Turki lebih adil daripada yang dilakukan di Arab Saudi.

Kashoggi terbunuh dengan cara tubuhnya dimutilasi oleh sekelompok orang di dalam Konsulat Saudi di Istanbul, tak lama setelah dia memasuki kantor tersebut. Hingga kini tubuhnya tidak pernah ditemukan.