Minggu, 12 Juli 2020 09:03

Akhirnya Pakai Masker di Depan Umum, Ini Kata Donald Trump

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Donald Trump mengenakan masker warna hitam saat berjalan melalui koridor rumah sakit militer Walter Reed di luar Washington, Sabtu (11/7/2020) . (Foto: AFP)
Donald Trump mengenakan masker warna hitam saat berjalan melalui koridor rumah sakit militer Walter Reed di luar Washington, Sabtu (11/7/2020) . (Foto: AFP)

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, untuk pertama kalinya mengenakan masker di depan umum.

RAKYATKU.COM - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, untuk pertama kalinya mengenakan masker di depan umum. Sang presiden sempat mendapatkan tekanan kuat untuk memberikan contoh kesehatan masyarakat saat pandemi Covid-19 di AS.

Dilansir AFP, Minggu (12/7/2020), Trump mengenakan masker warna hitam saat berjalan melalui koridor rumah sakit militer Walter Reed di luar Washington, Sabtu (11/7/2020) waktu setempat, untuk bertemu dengan para veteran yang terluka.

Sebelumnya, Trump tak pernah terlihat di depan umum mengenakan masker selama pandemi. Dia mengatakan, dirinya tidak punya masalah soal memakai masker. Dia pun kembali menegaskan keyakinannya bahwa penularan virus ini akan menghilang.

Namun, seperti dilansir AFP, Kamis (2/7/2020), Trump mengatakan, "Biasanya saya tidak dalam posisi itu. Jika saya berada dalam situasi yang rapat dengan orang-orang, saya pastinya akan melakukan itu (memakai masker)," kata Trump dalam sebuah wawancara dengan Fox Business. 

Trump menekankan, sebagian besar orang yang dilihatnya di Gedung Putih telah dites Covid-19 sebelum melakukan kontak dengannya.

"Saya tak masalah dengan masker -- saya pikir masker itu baik," ujar Trump. 

Dia menambahkan, keraguannya tentang apakah penutup wajah perlu diwajibkan secara nasional untuk mengendalikan penyebaran virus mematikan ini.

"Anda memiliki banyak tempat di negara ini di mana orang-orang tinggal sangat jauh dari satu sama lain," ujarnya.

Trump pun mengatakan bahwa dirinya yakin virus Corona ini akan hilang begitu saja. "Saya pikir, pada titik tertentu, itu akan hilang begitu saja, saya harap," ucapnya.