Sabtu, 11 Juli 2020 17:20

Resmikan Balla Ewako di Maros, Gubernur Sulsel Tekankan Penanganan Covid-19

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Acara peresmian Balla Ewako di Desa Sudirman, Kecamatan Tanralili, Kabupaten Maros, Sabtu (11/7/2020).
Acara peresmian Balla Ewako di Desa Sudirman, Kecamatan Tanralili, Kabupaten Maros, Sabtu (11/7/2020).

Hal itu menjadi poin dalam sambutan Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, saat meresmikam Balla Ewako di Kantor Kepala Desa Sudirman, Maros, Sabtu (11/7/2020).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Balla Ewako yang dibangun di Desa Sudirman, Kecamatan Tanralili, Kabupaten Maros, menjadi bukti bahwa kolaborasi dan sinergitas TNI, Polri, pemerintah, dan masyarakat sangat kuat dalam menghadapi dan memutus mata rantai penularan Covid-19 di Kabupaten Maros.

Hal itu menjadi poin dalam sambutan Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, saat meresmikam Balla Ewako di Kantor Desa Sudirman, Maros, Sabtu (11/7/2020).

Hadir pada acara itu Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Sumangerukka; Kapolda Sulsel, Irjen Pol Mas Guntur Laupe; Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin; Bupati Maros, Hatta Rachman, dan tokoh masyarakat lokal. Balla Rewako adalah rumah atau tempat yang dibangun jajaran kepolisian Sulsel sebagai tempat edukasi masyarakat tentang Covid-19.

Menurut Nurdin, di Balla Ewako ini jajaran TNI, Polri, pemerintahan dan tokoh masyarakat secara bersama-sama melakukan edukasi tentang tatacara memutus matarantai penularan Covid-19.

"Selama belum ditemukan vaksin dan obat anticorona, kita wajib memakai masker, cuci gangan dengan sabun, dan jaga jarak. Kita lindungi diri masing-masing dengan protokol kesehatan yang letat," jelas mantan Bupati Bantaeng dua periode itu.

Di Balla Ewako ini disiapkan satu ruang isolasi untuk pertolongan pertama warga desa yang positif corona, ada kolam ikan, kebun sayur, dan kebun jamur. 

Warga yang terpapar corona, tetapi tidak sakit, bisa melakukan aktivitas seperti keseharian di kampung. Namun, mereka mesti dalam pengawasan tenaga medis.

Loading...