Sabtu, 11 Juli 2020 23:01

Selama 30 Tahun, Tukang Pos Ini Jalan Kaki 15 Km Tiap Hari Menyusuri Hutan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
D Sivan.  (Foto: Twitter @supriyasahuia)
D Sivan. (Foto: Twitter @supriyasahuia)

D Sivan (65 tahun), seorang tukang pos India di negara bagian Tamil Nadu, berjalan 15 kilometer hampir setiap hari selama 30 tahun demi mengantar surat.

RAKYATKU.COM - Ini salah satu sosok yang begitu mencintai pekerjaannya. Loyalitas tanpa batas pantas disematkan padanya. Adalah seorang tukang pos yang berasal dari India.

D Sivan (65 tahun), seorang tukang pos India di negara bagian Tamil Nadu, berjalan 15 kilometer hampir setiap hari selama 30 tahun demi mengantar surat ke daerah terpencil.

Dia mengirim surat ke daerah-daerah yang tidak dapat diakses di Coonoor. Dia pun mesti menyusuri hutan lebat dan menyeberangi sungai.

Sivan juga awas menghadapi kemungkinan serangan binatang buas. Selama bekerja dia telah dikejar gajah, beruang, dan Gaur. Demikian menurut NDTV, yang dikutip, Sabtu (11/7/2020).

Pegawai IAS (layanan sipil India), Supriya Sahu, menulis di Twitter pada Rabu (8/7/2020), memuji tukang pos yang melakukan tugasnya dengan dedikasi penuh.

"Tukang pos D Sivan berjalan 15 km setiap hari melalui hutan lebat untuk mengirim surat di daerah-daerah yang tidak dapat diakses di Coonoor," tulisnya. 

"Dikejar oleh gajah liar, beruang, binatang buas, menyeberangi sungai dan air terjun yang licin, dia melakukan tugasnya dengan penuh dedikasi selama 30 tahun sampai dia pensiun minggu lalu."

Sivan biasa melakukan perjalanan setiap hari dari kantor pos Stasiun Kereta Coonoor ke kantor pos Hillgrove, melalui hutan lebat.

Meskipun melalui pemandangan indah, perjalanan menyusuri semak-semak teh yang bersebelahan dengan Nilgiris Mountain Railway (NMR) bisa berbahaya selama musim hujan ditambah ancaman dari hewan liar.

"Saya dulu dikejar oleh induk gajah. Saya beruntung bisa melarikan diri dengan meluncur menuruni lereng dan bersembunyi di balik pohon," kenang tukang pos senior itu kepada New Indian Express.

Sivan bergabung dengan India Post sebagai vendor prangko pada usia 30-an. Dia dipromosikan sebagai pengirim surat pada tahun 2010. Karir terakhirnya membuatnya bergulat dengan alam liar.

"Saya telah melihat gajah liar, beruang, gaur, macan tutul, rusa tutul, ular, kera dan hewan lainnya," ujar Sivan. "Mereka tidak pernah mengganggu saya. Saya sangat berhati-hati saat berjalan di dalam hutan setelah pengalaman saya dengan induk gajah. Itu adalah salah satu hari paling berkesan dalam hidup saya."

Sivan bercerita pernah melihat macan tutul duduk di atas batu menguntit rusa yang sedang merumput. Bahkan dia pernah melihat ular melintas di jalur dia berjalan. "Saya dulu berjalan melalui hutan melantunkan Gayathri Mantram dan Surya Namaskaram," kata Sivan.

Jalur pos yang dilalui Sivan meliputi Singara, Vadugan Thottam, Stasiun Kereta Hillgrove dan Marappalam antara pukul 10 pagi sampai pukul 3 sore.

Sekarang Sivan telah pensiun. Dia mulai terkenal setelah Supriya Sahu menulis cuitan tentangnya. Kisah Sivan diviralkan oleh warganet India. 

Warganet menyerukan agar Sivam dinominasikan Padma Award, penghargaan yang diberikan kepada sipil pada hari Kemerdekaan India.