Selasa, 07 Juli 2020 16:30

Pengumuman! Tidak Ada Penerimaan CPNS Selama 2 Tahun

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

MenPAN RB Tjahjo Kumolo, memastikan tidak ada Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja) periode 2020. 

RAKYATKU.COM - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB), Tjahjo Kumolo, memastikan tidak ada Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja) periode 2020. 

"Rekrutmen CPNS dua tahun ini tidak ada, kecuali kedinasan yang memang sudah terprogram seperti akpol, akmil itu ada, yang lain (CPNS dan PPPK) itu tetap di 2021," ungkap Tjahjo di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (6/7/2020).

Semantara itu, untuk tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) calon pegawai negeri sipil (CPNS) formasi tahun 2019 yang sempat mengalami penundaan karena Covid-19, rencananya akan digelar Agustus 2020 mendatang.

Jadwal seleksi kompetensi bidang (SKB) rencana dilakukan pada akhir Agustus 2020 hingga awal Oktober, atau setelah ujian seleksi sekolah kedinasan selesai.

Proses seleksi CPNS 2019 akan tetap mengedepankan penerapan protokol kesehatan ketat. 

Serta, jadwal itu masih memungkinkan berubah dengan tetap menyesuaikan status kedaruratan Covid-19 di Indonesia. 

Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) juga akan berkonsultasi dengan Gugus Tugas Covid-19 pusat dan daerah terkait diadakannya penyelenggaraan SKB itu.

"Panselnas akan tetapkan lokasi ujian yang meminimalisir pergerakan peserta, karena potensi pergerakan peserta kemungkinan bisa lintas kabupaten/kota, provinsi, atau bahkan harus ke Jakarta," kata Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria dalam rapat kerja bersama Komisi II DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (23/6/2020).

Saat ini, BKN sedang membuat Surat Edaran baru terkait mekanisme lanjutan seleksi CPNS berdasarkan aturan yang dikeluarkan Menteri Kesehatan.

Seleksi CPNS formasi tahun 2019 seharusnya selesai pada Mei lalu. 

Sementara ujian seleksi kompetensi dasar (SKD) telah dimulai 27 Januari dan berakhir 10 Maret 2020 lalu.

Sumber: Detik