Sabtu, 04 Juli 2020 14:45

Lin Dan Umumkan Pensiun dari Bulu Tangkis

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Lin Dan. (Foto: AFP)
Lin Dan. (Foto: AFP)

Lin Dan, salah satu pemain kelas atas bulu tangkis dunia, mengumumkan pensiun melalui akun media sosial, Sabtu (4/7/2020).

RAKYATKU.COM - Lin Dan, salah satu pemain kelas atas bulu tangkis dunia, mengumumkan pensiun melalui akun media sosial, Sabtu (4/7/2020).

"Dari 2000 hingga 2020, setelah 20 tahun, saya harus mengucapkan selamat tinggal kepada tim nasional. Ini sangat sulit diungkapkan dengan kata-kata," kata Lin Dan dikutip akun media sosial Weibo.

Dilansir Xinhua, Lin Dan telah mengajukan permohonan pensiun beberapa hari lalu. Tim nasional Tiongkok pun menyetujui permohonan itu.

Selama kariernya, Lin Dan telah meraih deretan prestasi.
Langganan menempati peringkat nomor satu dunia, dia juga mengoleksi gelar bergengsi seperti medali emas Olimpiade 2008 dan 2012.

Ajang akbar lainnya seperti kejuaraan dunia dan kejuaraan Asia beberapa kali diraih Lin Dan. Begitupun dengan Asian Games serta sederet kejuaraan super series.

 

Lin Dan menjadi tulang punggung Tiongkok menjuarai Piala Thomas dan Piala Sudirman.

"Tak sekadar mengejar peringkat seperti yang saya lakukan ketika masih muda, dalam tahun-tahun ini, saya ingin menantang batasan fisik atlet tua dan melatih semangat olahraga yang tidak akan pernah saya lepaskan."

"[Tetapi] kemampuan fisik dan rasa sakit tidak memungkinkan saya bertarung bersama rekan satu tim," tutur Lin Dan di Weibo.

Super Dan, julukan Lin Dan, menyusul rival-rivalnya yang lebih dahulu pensiun, seperti Taufik Hidayat, Peter Gade, dan Lee Chong Wei.