Rabu, 01 Juli 2020 13:31

Ini Dia Orang Pertama di Dunia yang Raih Gelar Magister Ninja

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi. (Foto: Fun-Japan)
Ilustrasi. (Foto: Fun-Japan)

Namanya Genichi Mitsuhashi, pria asal Jepang yang saat ini berusia 45 tahun. Dialah orang pertama di dunia yang mendapat gelar magister ninja

RAKYATKU.COM - Namanya Genichi Mitsuhashi, pria asal Jepang yang saat ini berusia 45 tahun. Dialah orang pertama di dunia yang mendapat gelar magister ninja dalam program studi ninja.

Itu setelah dirinya menyelesaikan studi pascasarjana yang melibatkan seni bela diri dasar dan cara memanjat gunung secara diam-diam.

Mitsuhash menghabiskan dua tahun mempelajari sejarah, tradisi, dan teknik pertempuran ninja atau agen rahasia Jepang, di Universitas Mie, wilayah Jepang bagian tengah.

Dikenal karena tingkat keterampilan yang tinggi, para ninja disebut penguasa mata-mata dari setidaknya abad ke-14. Mitsuhashi mengungkapkan, ninja juga seseorang yang mandiri. 

Mitsuhashi lalu pindah ke Provinsi Pegunungan Iga, untuk memahami bagaimana ninja hidup sehari-hari.

"Iga adalah tempat tinggal para ninja. Iklim daerah ini menciptakan sifat ninja," kata Matsuhashi dikutip CNN International, Rabu (1/7/2020).

Di daerah itu, selain bertani, Matsuhashi juga mengajar seni bela diri dan ninjutsu, atau seni ninja, di dojo-nya. 
Ia juga belajar kung fu dan seni bela diri Jepang yang dikenal sebagai Shorinji Kempo.

Program gelar magister ninja dimulai pada 2018, setahun setelah Universitas Mie mendirikan Pusat Penelitian Ninja Internasional yang pertama yang didedikasikan untuk studi ninja.

Yuji Yamada, profesor studi sejarah Jepang yang juga bertanggung jawab dengan program studi ninja mengatakan, Mitsuhashi adalah seorang siswa berdedikasi.

"Dia benar-benar (mengabdikan) hidupnya untuk ninja," kata Yamada.

Masuk ke program studi ninja bukan perkara mudah. Untuk mendaftar, siswa harus mengikuti ujian sejarah Jepang dan ujian membaca dokumen ninja sejarah.

"Kami mendapat banyak pertanyaan dari luar negeri tetapi saya harus mengatakan satu hal: Ini adalah kursus untuk belajar tentang ninja, bukan untuk menjadi ninja," sebut Yamada.