Jumat, 19 Juni 2020 08:32

iPhone Berganti Nama Jadi Apple Phone?

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi. (Foto: Forbes)
Ilustrasi. (Foto: Forbes)

Muncul kabar iPhone akan berganti nama jadi Apple Phone. Benarkah itu?

RAKYATKU.COM - Muncul kabar iPhone akan berganti nama jadi Apple Phone. Benarkah itu?

Adalah akun gadget leakers Jon Prosser berkicau soal iPhone OS di Twiitter. Dia seperti memberikan sinyal bahwa iOS bakal diubah nama iPhoneOS.

Sesungguhnya itu tidaklah aneh. Itu karena tahun lalu Apple telah menghadirkan iPadOS. Walau basisnya iOS, raksasa teknologi yang bermarkas di Cupertino itu ingin membedakan antar sistem operasi ponsel dan tabletnya.

Apple lalu menamai sistem operasi lainnya dengan mengacu pada perangkatnya. Misalnya. Apple Watch menjalankan WatchOS dan Apple TV menggunakan tvOS. 

Jadi berubahnya iOS menjadi iPhoneOS sebenarnya masuk akal. Apple ingin punya citra dari versi perangkat lunaknya yang berkaitan langsung dengan produk masing-masing.

Akan tetapi, yang mengejutkan cuitan tweet Jon Prosser dibalas oleh Max Weinbach dari XDA Developer. 

Dia mengaku mendapatkan email yang menyebutkan Apple akan mengubah nama iOS ke iPhoneOS dan iPhone menjadi Apple Phone. "Tapi aku tidak mempercayai itu," kata Weinbach.

Pendapat Weinbach ada benarnya. Rasanya tidak mungkin kalau Apple mengubah nama iPhone. Alasannya, karena ini adalah merek kuat dan sudah terpatri di kepala semua orang di dunia ini.

Namun, perusahaan besutan Steve Jobs dan Steve Wozniak itu selalu membuat kejutan yang tidak terduga. Menarik untuk menantikan saat WWDC 2020 yang sebentar lagi dihelat. Kemungkinan pada ajang itu diumumkan iOS berubah menjadi iPhoneOS.

Sumber: Detik.com