Jumat, 05 Juni 2020 14:31

Poltekpar Makassar Buka Pendaftaran Maba Jalur SMMPTNP, Ini Jadwal Lengkapnya

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Poltekpar Makassar Buka Pendaftaran Maba Jalur SMMPTNP, Ini Jadwal Lengkapnya

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif-Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif resmi memulai psikotes secara online melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (SBMPTNP), K

RAKYATKU.COM - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif-Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif resmi memulai psikotes secara online melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (SBMPTNP), Kamis (4/6/2020). 

SBMPTNP atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata adalah jalur seleksi nasional yang diselenggarakan oleh Kemenparekraf.

Tujuannya, memberikan kesempatan kepada siswa lulusan SMA, MA, SMK, MAK termasuk sekolah di luar negeri untuk mengikuti pendidikan tinggi pariwisata. Serta memberikan peluang kepada perguruan tinggi pariwisata di lingkungan Kemenparekraf untuk mendapatkan calon mahasiswa baru yang mempunyai prestasi akademik tinggi.

Sebelumnya ujian SBMPTNP akan dilaksanakan di enam kota besar di Indonesia tempat PTNP berada. Namun, melihat kondisi saat ini serta adanya kebijakan pemerintah mengenai Covid-19, maka tes dilakukan secara online.

 

Melibatkan Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar bersama lima perguruan tinggi negeri pariwisata (PTNP) lainna. Yaitu, Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Bali, Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Medan, Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Palembang, Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Lombok, dan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung.

Sponsored by MGID

Berikut jadwal pelaksanaan SBMPTNP tahun 2020:


Meskipun pendaftaran jalur SBMPTNP telah ditutup, Politeknik Pariwisata Makassar masih membuka kesempatan bagi lulusan SMA, MA, SMK, MAK atau sederajat yang berminat kuliah di bidang pariwisata untuk mendaftar melalui jalur Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (SMMPTNP) kategori umum.

Berikut jadwal pelaksanaan SMMPTNP Kategori Umum tahun 2020:

Politeknik Pariwisata Makassar memiliki tiga jurusan serta delapan program studi sebagai berikut:

Jurusan Hospitaliti

Program Studi:
1. D3 Manajemen Divisi Kamar (MDK)
2. D3 Manajemen Tata Hidangan (MTH)
3. D3 Manajemen Tata Boga (MTB)
4. D4 Pengelolaan Perhotelan (PPH)

Jurusan Perjalanan

Program Studi:
1. D3 Manajemen Bisnis Perjalanan Wisata (MJP)
2. D4 Usaha Perjalanan Wisata (UPW)
3. D4 Manajemen Bisnis Konvensi dan Perhelatan (MKH).

Jurusan Kepariwisataan

Program Studi:
1. D4 Destinasi Pariwisata

Program Studi yang ada di Politeknik Pariwisata Makassar telah terakreditasi oleh Badan akreditasi nasional perguruan tinggi (BAN-PT) dan Tourism Education Quality (TEDQUAL) yang dikeluarkan oleh United Nation World Tourism Organization (UNWTO).

Sponsored by advertnative