Selasa, 26 Mei 2020 11:57

Kabar Gembira; Presiden: Corona di Sejumlah Provinsi Menurun

Fusuy
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Presiden Joko Widodo pada Selasa (26/5/2020) pagi berkunjung ke stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta Pusat.(Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo pada Selasa (26/5/2020) pagi berkunjung ke stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta Pusat.(Biro Pers Sekretariat Presiden)

Ini kabar gembira. Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa R0 (basic reproduction number) atau tingkat penularan Covid-19 di sejumlah provinsi berada di bawah 1.

RAKYATKU.COM, JAKARTA--Ini kabar gembira. Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa R0 (basic reproduction number) atau tingkat penularan Covid-19 di sejumlah provinsi berada di bawah 1. Hal itu menunjukkan, satu orang yang terjangkit Covid-19 hampir tak menularkan penyakitnya ke orang lain.

Sekadar diketahui, R0 di angka 1 menunjukkan satu orang yang terjangkit Covid-19 akan menularkan penyakitnya ke satu orang lainnya. "Kita melihat R0 di beberapa provinsi sudah di bawah 1 dan kita harap semakin hari makin turun," kata Presiden Jokowi melalui siaran Youtube Sekretariat Presiden saat meninjau penerapan protokol kesehatan semasa pandemi Covid-19 di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Selasa (26/5/2020), seperti dikutip dari Kompas.com.

Presiden Jokowi pun berharap angka R0 semakin menurun seiring pengerahan personel TNI-Polri di sejumlah ruang publik untuk mendisiplinkan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan. Protokol kesehatan yang dimaksud, misalnya mengenakan masker dan menjaga jarak fisik satu sama lain.

"Kita harap semakin hari makin turun dengan digelarnya pasukan dari TNI dan Polri di lapangan secara masif," ujar dia. Sebelumnya, Presiden Jokowi menginstruksikan Panglima TNI dan Kapolri mengerahkan personelnya untuk menertibkan masyarakat selama pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB).

Selama PSBB, personel TNI-Polri akan berjaga di sejumlah ruang publik agar masyarakat menaati protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penularan Covid-19. Protokol kesehatan itu, yakni mengenakan masker dan menjaga jarak fisik. "Mulai hari ini akan digelar oleh TNI-Polri, pasukan untuk berada di titik keramaian dalam rangka pendisiplinan. Lebih mendisiplinkan masyarakat agar mengikuti protokol kesehatan sesuai PSBB," kata Presiden Jokowi.