Jumat, 24 April 2020 14:05

Kabar Gembira, Inggris Lakukan Uji Coba Vaksin Corona pada Manusia

Fusuy
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Inggris telah mulai uji klinis vaksin Corona. (Foto: BBC World)
Inggris telah mulai uji klinis vaksin Corona. (Foto: BBC World)

ni kabar menggembirakan. Uji coba vaksin virus Corona COVID-19 pada manusia akhirnya dilakukan di Inggris. Uji coba pertama ini dilakukan pada dua sukarelawan dari total 800 orang yang telah direkrut

RAKYATKU.COM--Ini kabar menggembirakan. Uji coba vaksin virus Corona COVID-19 pada manusia akhirnya dilakukan di Inggris. Uji coba pertama ini dilakukan pada dua sukarelawan dari total 800 orang yang telah direkrut dalam penelitian.

Dikutip dari BBC, rencananya setengah dari total sukarelawan ini akan diberikan vaksin COVID-19, dan separuhnya lagi diberikan vaksin untuk meningitis. Namun tim peneliti tidak akan memberitahu para sukarelawan vaksin apa yang akan mereka terima dari kedua jenis itu.

“Saya seorang ilmuwan, jadi saya ingin mencoba mendukung proses ilmiah di mana pun yang saya bisa," ucap salah seorang sukarelawan, Elisa Granato, seperti dikutip dari detik.com.

Vaksin ini dikembangkan dalam waktu kurang dari tiga bulan oleh sebuah tim di Universitas Oxford. Pemimpin penelitian praklinis, profesor vaksinologi dari Jenner Institute, Sarah Gilbert merasa optimis bahwa uji coba vaksin ini akan berhasil.

“Tentu saja kita harus menguji vaksinnya dan mendapatkan data dari manusia. Kita harus mengetahui bahwa vaksin ini benar-benar bekerja dan menghentikan infeksi virus corona pada seseorang, sebelum akhirnya digunakan pada populasi yang lebih banyak,” jelas Gilbert.

“Saya percaya diri 80 persen vaksin akan bekerja, tetapi saat ini saya lebih suka tidak menyebutkan angka di atasnya, dan lebih memilih untuk mengatakan 'sangat optimis' terhadap peluangnya," lanjutnya.

Nantinya hasil uji coba ini bisa diketahui dari perbandingan antara jumlah orang yang terinfeksi virus Corona dan tidak dalam beberapa bulan mendatang dari kedua kelompok percobaan tersebut. (*)