Jumat, 24 April 2020 09:09

Ini Salah Satu Rahasia Mendapatkan Berkah di Bulan Ramadhan

Fusuy
Konten Redaksi Rakyatku.Com
(foto/ist)
(foto/ist)

Memasuki bulan suci Ramadan, umat Islam disunahkan untuk menjalankan ibadah salat Tarawih. Berikut bacaan doa salat Tarawih dan doa kamilin setelah salat tarawih.

RAKYATKU.COM--Memasuki bulan suci Ramadan, umat Islam disunahkan untuk menjalankan ibadah salat Tarawih. Berikut bacaan doa salat Tarawih dan doa kamilin setelah salat tarawih.

Salat Tarawih merupakan salah satu keutamaan bulan Ramadan. Ibadah salat sunah ini hanya bisa dilakukan pada setiap malam bulan Ramadan.

Allah menjanjikan imbalan yang baik untuk orang-orang yang melaksanakan salat Tarawih. Salah satunya, mendapatkan malam lailatul qadar dan ampunan.

“Barangsiapa ibadah (tarawih) di bulan Ramadan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau,” demikian Hadis Riwayat Bukhari dan Muslim.

Pada masa pandemi virus corona, salat Tarawih dapat dilakukan sendiri-sendiri atau berjamaah di rumah. Salat Tarawih boleh dilakukan delapan rakaat atau 20 rakaat ditambah dengan tiga rakaat salat witir.

Berikut doa sholat tarawih.
1. Doa yang dibaca antara jeda rakaat sholat tarawih
Allohumma Innaka Afuwwun Kariim Tukhibbul Afwa Fa'fuanni
Artinya: Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf yang menyukai permintaan maaf, maafkanlah aku yang Maha Mulia.

Allohumma inna Nas'aluka Ridhoka wal Jannah wa Na'udzhubika min Sakhotika wannaar
Artinya: Ya Allah, sesungguhnya kami memohon keridhoan-Mu dan surga, dan kami berlindung dari murka-Mu dan siksa neraka.
“Doa ini biasanya dibaca setiap selesai dua salam,” kata Pengasuh Taman Belajar Al-Afifiyah Kota Bandung KH Wahyul Afif Al-Ghafiqi, seperti dikutip CNNIndonesia.com.

 

2. Doa Kamilin
Setelah selesai delapan atau 20 rakaat salat Tarawih, maka dianjurkan membaca doa Kamilin. Doa Kamilin berisi harapan kesempurnaan iman.
“Doa yang isinya berupa permohonan agar dianugerahi kesempurnaan iman, sangat luar biasa kandungan doa ini," ucap Wahyul.

Berikut doa Kamilin setelah sholat tarawih, dikutip dari situs NU.
Allâhummaj'alnaa bil iimaani kaamiliin. Wa lil faraaidli muaddiin. Wa lish-shlaati haafidhiin. Wa liz-zakaati faa'iliin. Wa lima 'indaka thaalibiin. Wa li 'afwika raajiin. Wa bil-hudaa mutamassikiin. Wa 'anil laghwi mu'ridliin.
Wa fid-dunyaa zaahdiin. Wa fil 'aakhirati raaghibiin. Wa bil-qadlaa'I raadliin. Wa lin na'maa'I syaakiriin. Wa 'alal balaa'i shaabiriin. Wa tahta liwaa'i muhammadin shallallaahu 'alaihi wasallam yaumal qiyaamati saa'iriina wa alal haudli waaridiin.
Wa ilal jannati daakhiliin. Wa minan naari naajiin. Wa 'alaa sariirl karaamati qaa'idiin. Wa bi huurun 'in mutazawwijiin. Wa min sundusin wa istabraqiin wadiibaajin mutalabbisiin. Wa min tha'aamil jannati aakiliin.
Wa min labanin wa 'asalin mushaffan syaaribiin. Bi akwaabin wa abaariiqa wa ka'sin min ma'iin. Ma'al ladziina an'amta 'alaihim minan nabiyyiina wash shiddiiqiina wasy syuhadaa'i wash shaalihiina wa hasuna ulaa'ika rafiiqan. Daalikal fadl-lu minallaahi wa kafaa billaahi 'aliiman.
Allaahummaj'alnaa fii haadzihil lailatisy syahrisy syariifail mubaarakah minas su'adaa'il maqbuuliin. Wa laa taj'alnaa minal asyqiyaa'il marduudiin. Wa shallallaahu 'alaa sayyidinaa muhammadin wa âlihi wa shahbihi ajma'iin. Birahmatika yaa arhamar raahimiin wal hamdulillaahi rabbil 'aalamiin.

Artinya:
Ya Allah, jadikanlah kami orang-orang yang sempurna imannya, yang memenuhi kewajiban-kewajiban, yang memelihara salat, yang mengeluarkan zakat, yang mencari apa yang ada di sisi-Mu, yang mengharapkan ampunan-Mu, yang berpegang pada petunjuk, yang berpaling dari kebatilan, yang zuhud di dunia, yang menyenangi akhirat, yang rida dengan qadla-Mu (ketentuan-Mu), yang mensyukuri nikmat, yang sabar atas segala musibah, yang berada di bawah panji-panji junjungan kami, Nabi Muhammad, pada hari kiamat, yang mengunjungi telaga (Nabi Muhammad), yang masuk ke dalam surga, yang selamat dari api neraka, yang duduk di atas ranjang kemuliaan, yang menikah dengan para bidadari, yang mengenakan berbagai sutra ,yang makan makanan surga, yang minum susu dan madu murni dengan gelas, cangkir, dan cawan bersama orang-orang yang Engkau beri nikmat dari kalangan para nabi, shiddiqin, syuhada dan orang-orang shalih.

Mereka itulah teman yang terbaik. Itulah keutamaan (anugerah) dari Allah, dan cukuplah bahwa Allah Maha Mengetahui. Ya Allah, jadikanlah kami pada malam yang mulia dan diberkahi ini termasuk orang-orang yang bahagia dan diterima amalnya, dan janganlah Engkau jadikan kami tergolong orang-orang yang celaka dan ditolak amalnya.

Semoga Allah mencurahkan rahmat-Nya atas junjungan kami Muhammad, serta seluruh keluarga dan shahabat beliau. Berkat rahmat-Mu, wahai Yang Paling Penyayang di antara yang penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. (*)