Kamis, 23 April 2020 15:07

Corona Bukan Main-main, Sosiolog Ingatkan Warga!

Fusuy
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Imam Prasodjo (foto/int)
Imam Prasodjo (foto/int)

Sosiolog Universitas Indonesia (UI),  Imam Prasodjo mengingatkan bahwa Covid-19 bukan hal yang main-main. Tak ayal, ia meminta kesadaran masyarakat harus ditingkatkan.

RAKYATKU.COM, JAKARTA--Sosiolog Universitas Indonesia (UI),  Imam Prasodjo mengingatkan bahwa Covid-19 bukan hal yang main-main. Tak ayal, ia meminta kesadaran masyarakat harus ditingkatkan.

Kesadaran masyarakat tersebut, sangat penting untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. “Caranya, meningkatkan kesadaran bahwa ini bukan hal main-main,” ujar Imam dalam konferensi pers BNPB, Kamis (23/4/2020), seperti dikutip dari Kompas.com.

Ia mengatakan, tantangan Indonesia saat ini adalah mengurangi kemungkinan membanjirnya pasien di rumah sakit.

Dengan demikian, kesadaran dari diri sendiri menjadi kunci untuk mengurangi membludaknya pasien Covid-19. “Tantangan kita mengurangi kemungkinan membanjirnya pasien. Ayat-ayat Tuhan menunjukkan, melihat peristiwa di Italia, bagaimana negara maju tapi sistem kesehatannya tak berjalan baik,” kata dia.

Di negara tersebut, kata dia, pasien sangat banyak tetapi alat kesehatan kurang. Begitu pun tenaga medis yang banyak menjadi korban akibat Covid-19 ini.

Oleh karena itu, ia berharap agar hal serupa tak terjadi di Indonesia mengingat kondisinya yang sangat luas. “Ini jangan sampai terjadi (di Indonesia) apalagi kalau ini terjadi di desa-desa. Jakarta saja sudah kewalahan, apalagi kalau di kabupaten-kabupaten yang tenaga medisnya terbatas. Ini bukan main-main,” kata dia, mengingatkan.

Adapun saat ini, kasus terkonfirmasi Covid-19 di Indonesia telah mencapai 7.418 kasus. Dari jumlah tersebut, sebanyak 635 orang meninggal duia dan 913 orang yang sembuh. (*)