Kamis, 23 April 2020 12:02

Ini Anjuran WHO Saat Berpuasa

Fusuy
Konten Redaksi Rakyatku.Com
(foto/int)
(foto/int)

Bulan suci penuh berkah; Ramadhan, tinggal menghitung jam. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan pedoman aman berpuasa di kala pandemi virus Corona, seperti sekarang.

RAKYATKU.COM, JAKARTA--Bulan suci penuh berkah; Ramadhan, tinggal menghitung jam. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan pedoman aman berpuasa di kala pandemi virus Corona, seperti sekarang. Itu mengingat COVID-19 yang belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir dan penularannya adalah dengan kontak langsung antarmanusia.

Dalam hal mengurangi dampak kesehatan masyarakat, langkah-langkah khusus diambil sebagai upaya pencegahan virus Corona“Adapun di antaranya adalah penerapan jarak fisik, penutupan masjid, pemantauan pertemuan publik dan pembatasan gerakan lainnya. Langkah ini adalah mekanisme dasar untuk mengendalikan penyebaran penyakit menular, terutama terkait infeksi pernapasan," tulis WHO dalam keterangan yang dikutip detikcom dari akun resminya, Kamis (23/4/2020).

Disebutkan juga pembatalan pertemuan sosial keagamaan selama Ramadan harus dipertimbangkan secara serius. Apabila, memungkinkan, pertemuan tersebut bisa dilakukan dengan alternatif virtual seperti televisi, radio, media sosial, dan platform digital lainnya.

Saat berpuasa, kebutuhan nutrisi dan hidrasi yang tepat sangat penting. Disarankan mengonsumsi berbagai jenis makanan sehat dan segar serta cukup minum air putih.

Berikut anjuran berpuasa saat pandemi oleh WHO:

 

1. Jika sehat, maka boleh berpuasa

2. Pasien COVID-19 harus mempertimbangkan untuk tidak berpuasa merujuk anjuran dari dokter.

Sponsored by MGID

"Belum ada penelitian tentang puasa dan risiko infeksi COVID-19," saran WHO.

Lalu untuk pemberian zakat dan sedekah selama Ramadan, pertimbangkan jarak fisik di tempat tujuan. Pengumpulan, pengemasan, penyimpanan, dan distribusi zakat juga harus diatur agar tidak ada kontaminasi virus Corona. Hindari pertemuan terkait buka puasa bersama atau mempertimbangkan untuk menggunakan alat makan masing-masing. (*)

 

Sponsored by advertnative