Minggu, 12 April 2020 13:29

Bawa Bantuan APD ke RSUD Daya dan Salewangang Maros, Wagub Apresiasi Tenaga Medis

Fusuy
Konten Redaksi Rakyatku.Com
BAWA APD. Wagub Sulsel Abdi Sudirman Sulaeman menyerahkan bantuan APD . (foto/humas pemprov)
BAWA APD. Wagub Sulsel Abdi Sudirman Sulaeman menyerahkan bantuan APD . (foto/humas pemprov)

Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, datang ke RSUD Daya Makassar. Juga, RSUD Salewangang, Kabupaten Maros, Sabtu 11 April 2020.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR,--Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, datang ke RSUD Daya Makassar. Juga, RSUD Salewangang, Kabupaten Maros, Sabtu 11 April 2020.

Kedatangan kosong dua Sulsel itu, untuk menyerahkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) berupa baju hazmat produksi UKM (Usaha Kecil Menengah), yang tergabung dalam Mata Garuda Sulsel. Sekadar diketahui, Mata Garuda Sulsel, merupakan perkumpulan pelajar alumni LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan). APD yang diproduksi tersebut, masih standar sebagai pelindung tenaga kesehatan yang berada di puskesmas atau di IGD.

“Semoga, dengan bantuan ini, kita berharap tenaga medis tidak memakai jas hujan atau plastik seperti di beberapa kasus yang ada. Sambil menunggu APD, bantuan pemerintah,” ujarnya.

Selain APD, Wagub juga memberi bantuan masker dan kebutuhan nutrisi ke tenaga medis yang menangani pasien Corona atau Covid-19. “APD ini, kami dapatkan dari produksi local, usaha kecil adik-adik alumni LPDP yang kami pesan untuk membantu kebutuhan perlengkapan medis para tenaga kesehatan,” ujarnya.

Sedangkan masker kain yang dibagikan, merupakan produksi rumah tangga yang dipesan dari penjahit, yang omsetnya menurun ketika pandemi Covid-19 melanda.

Tiba di RSUD Daya Makassar, Wagub Sudirman juga mengecek kesiapan ruangan dan fasilitas penanganan pasien Covid-19. Tak lupa, Wagub Sudirman memberi semangat kepada para tenaga medis dan jajaran manajemen di RSUD Daya Makassar.

Selain di RS Daya, Wagub Sudirman pun melanjutkan berkunjung ke Kabupaten Maros yang juga masuk sebagai zona merah di wilayah Sulsel. Tercatat, hingga saat ini, pasien positif corona di daerah yang dikenal dengan sebutan Butta Salewangang ini, sebanyak 16 orang.

Tiba di RSUD Salewangang Maros, Wagub mengunjungi IGD (Instalasi Gawat Darurat) dan bertemu langsung dengan para tenaga medis. Terlihat, ia berdiskusi dan menanyakan kesiapan tenaga medis dalam penanganan pasien yang terpapar corona.

Jasa tenaga medis, kata Wagub Sudirman, sangat besar. Tak ayal, ia mengapreasi apa yang sudah dikerjakan, meski penuh resiko bagi keselamatan mereka. “Kepada para tenaga medis di Sulsel, khususnya di RSUD Daya dan RSUD Salewangang Maros, kami sangat bangga terhadap apa yang saudara-saudara lakukan dalam penanganan pasien terjangkit virus Corona," katanya, meyakinkan. Wagub juga mengajak warga yang mampu untuk membantu mereka yang terkena dampak Covid-19. (*)