Minggu, 22 Maret 2020 04:00

Wabah Corona, Ini 3 Ibadah Sunah Paling Utama Dikerjakan di Rumah

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Berikut ini tiga ibadah sunah paling utama dikerjakan di rumah. Terutama saat masa-masa diperlukan social distancing karena wabah virus corona atau Covid-19.

RAKYATKU.COM - Berikut ini tiga ibadah sunah paling utama dikerjakan di rumah. Terutama saat masa-masa diperlukan social distancing karena wabah virus corona atau Covid-19.

Menghindari keramaian dalam rangka menjaga kesehatan dan tidak terpapar virus atau wabah adalah bagian dari hifdzun nafs, yang merupakan salah satu dari dharuriyat al-khamsah dalam agama. 

Untuk itu para ulama menganjurkan agar melakukan ibadah di rumah. Ternyata dalam Islam, ada beberapa ibadah sunah di rumah, bahkan lebih utama dikerjakan di rumah dari pada di masjid.

Pertama, salat sunnah.

Salat sunah dalam pembahasan ini adalah salat sunah rawatib, salat tahajud, dan salat duha. Dua salat yang terakhir ini adalah salat sunah yang dianjurkan untuk dikerjakan sendirian, bukan berjemaah. 

Begitu juga dengan salat sunah hajat dan salat sunah mutlak yang lain.

Dalam hadis riwayat Abu Dawud dan Imam At-Tirmidzi misalnya dijelaskan Rasulullah saw pernah meminta para sahabat untuk mengerjakan salat sunah setelah magrib (ba’diyah magrib) di rumah.

“Dari Said bin Ishaq bin Kaab bin ‘Ujrah dari ayahnya dari kakeknya berkata bahwa ketika Rasulullah selesai melakukan salat magrib di masjid Bani Abdil Ashal, beberapa orang kemudian melakukan salat sunah. Kemudian Rasul saw bersabda, ‘Lakukanlah salat ini di rumah-rumah kalian,’ (H.R At-Tirmidzi)

Hadis tersebut dimasukkan At-Tirmidzi dalam bab “Ma dzakara fis Shalah ba’dal maghrib fil bait afdhal” (Bab yang menjelaskan keutamaan salat ba‘diyah magrib di rumah). 

Dari tarjamatul bab yang dibuat oleh At-Tirmidzi tersebut menunjukkan bahwa At-Tirmidzi menggunakan hadis ini sebagai landasan kesunahan melakukan salat sunah setelah magrib di rumah.

Dalam riwayat lain juga dijelaskan terkait keutamaan melakukan shalat sunah secara umum di rumah.

“Dari Zaid bin Tsabit, dari Rasulullah saw bersabda, ‘Salat yang paling utama adalah di rumah kalian kecuali salat maktubah (salat fardu),’” (HR Bukhari dan Tirmidzi).

Bahkan dalam kitab Syamail At-Tirmidzi juga dijelaskan bahwa walaupun rumah Rasulullah dekat dengan masjid, Rasulullah lebih memilih salat sunah di rumah. Rasulullah juga mengingatkan agar kita tidak menjadikan rumah kita seperti kuburan yang tidak pernah digunakan untuk salat. Hal ini disebutkan dalam hadis riwayat Aisyah dalam Musnad Ahmad.

“Salatlah kalian di rumah kalian. Jangan jadikan rumah kalian seperti kuburan.”

Kedua, membaca Al-Qur'an. 

Membaca Al-Qur'an di rumah akan membuat rumah menjadi terang bercahaya. Dalam sebuah hadis dijelaskan bahwa rumah yang dibacakan Al-Qur'an akan terlihat terang oleh ‘penghuni langit’ sebagaimana terangnya bintang jika dilihat dari bumi.

“Sesungguhnya rumah yang digunakan untuk membaca Al-Qur’an akan terlihat terang dan bersinar oleh para penduduk langit sebagaimana penduduk bumi melihat terangnya bintang-bintang di langit”. (H.R al-Baihaqi dalam Syu’abul Iman).

Walaupun hadis ini statusnya daif karena ada perawi bernama Ibnu Lahi’ah, yang di akhir umurnya banyak lupa karena kitab-kitabnya terbakar, namun hadis ini masih tetap bisa diamalkan karena berkaitan dengan fadhail amal.

Ketiga, berzikir kepada Allah swt.

Rasulullah saw mengingatkan kepada para umatnya bahwa rumah yang senantiasa digunakan untuk tempat berzikir akan lebih utama daripada rumah yang jarang digunakan untuk zikir.

Dalam sebuah hadis Rasulullah saw yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam Sahih Muslim dari jalur Abu Musa disebutkan:

“Dari Abu Musa, Rasulullah saw bersabda, perbedaan rumah yang selalu digunakan untuk berzikir kepada Allah swt dan rumah yang tidak digunakan untuk berzikir adalah seperti perbedaan orang yang hidup dengan orang yang mati.” (H.R Muslim)

Oleh karena itu, dari beberapa penjelasan di atas, bisa kita ambil kesimpulan bahwa tidak semua ibadah lebih utama dilakukan di masjid atau tempat umum, ada juga ibadah-ibadah yang sangat diutamakan untuk dikerjakan di rumah, terutama dalam situasi yang menganjurkan orang untuk menyepi dari keramaian seperti sekarang ini. Tiga ibadah sunnah di rumah di atas bisa jadi pilihan untuk Anda.

Wallahualam.

Sumber: Islami.co