Minggu, 16 Februari 2020 03:00

Konsumsi Obat Ereksi, Penglihatan Belasan Pria Turki Berubah Jadi Biru

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Belasan pria di Turki mengunjungi rumah sakit dengan masalah penglihatan mereka yang menjadi biru.

RAKYATKU.COM - Belasan pria di Turki mengunjungi rumah sakit dengan masalah penglihatan mereka yang menjadi biru. 

Para dokter melaporkan kondisi itu terjadi usai konsumsi obat disfungsi ereksi sildenafil, bahan aktif dalam Viagra.

Dalam sebuah laporan yang dipublikasikan di jurnal Frontiers in Neurology mengungkapkan, setidaknya ada 17 pria yang mengalami masalah penglihatan dan dialami selama 24 jam.

Dilansir Live Science, masalah yang dilaporkan antara lain penglihatan buram, sensitif cahaya, fungsi yang berkurang, hingga berubahnya persepsi terhadap warna, termasuk penglihatan yang menjadi berwarna biru atau disebut sianopsia.

Mereka yang mengalami sianopsia juga melaporkan buta warna pada merah dan hijau. Namun, tidak ada pasien yang mempunyai riwayat penyakit mata atau buta warna.

Dr. Cüneyt Karaarslan dari rumah sakit Dünyagöz Adana, penulis laporan tersebut mengungkapkan bahwa semua gejala tersebut hilang usai 21 hari.

"Bagi sebagian besar pria, semua efek samping (sildenafil) akan bersifat sementara dan ringan," kata Karaarslan.

"Namun, saya ingin menyoroti bahwa masalah mata dan penglihatan yang persisten mungkin ditemui untuk sejumlah kecil pengguna," Karaarslan menambahkan.

Live Science melaporkan sebelumnya bahwa sildenafil tidak hanya mengatur aliran darah ke penis namun juga menghambat enzim terkait yang disebut fosfodiesterase tipe 6, yang ditemukan dalam sel retina, sel peka cahaya di bagian belakang mata. Kemungkinan, dalam dosis tinggi, kondisi ini mengarah pada penumpukan molekul yang beracun bagi sel retina.