Senin, 13 Januari 2020 17:12

Taufan Pawe: Prinsip Kerja Pak Gubernur Adalah Sinergitas

Al Khoriah Etiek Nugraha
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Taufan Pawe: Prinsip Kerja Pak Gubernur Adalah Sinergitas

Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe mengatakan, dalam penanganan bencana banjir, Pemerintah Kota Parepare dan Pemerintah Provinsi Sulsel memperkuat hubungan sinergitas.

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe mengatakan, dalam penanganan bencana banjir, Pemerintah Kota Parepare dan Pemerintah Provinsi Sulsel memperkuat hubungan sinergitas.

Hal ini ditunjukkan dalam pembangunan talud (sheet pile) atau pondasi penahan air di sekitar jembatan, serta dana bantuan untuk korban banjir.

Hal itu diungkapkan Taufan Pawe saat mendampingi Gubernur Sulawesi Selatan Prof DR Nurdin Abdullah, dalam kunjungan meninjau lokasi-lokasi yang menjadi titik permasalahan banjir di berbagai daerah, termasuk Kota Parepare. Senin, (13/1/2020).

"Prinsip kerja Pak Gubernur adalah sinergitas. Kita lihat tadi, aliran sungai Salo Jawi-jawi beresiko. Sehingga disinergikan dengan Pemerintah Provinsi Sulsel melalui DAS yang ada di Provinsi dan kami anggarkan untuk jembatan. Sama halnya dengan di Kelurahan Watang Bacukiki, kita akan rapikan dinding Salo Karajae dengan membangunkan talud atau pondasi penahan air sehingga luapan air sungai tidak melintas dan menggenangi pemukiman dan sawah para petani," terang Taufan Pawe.

Taufan juga mencontohkan bentuk sinergitas kuat yang terjalin dengan Pemerintah Provinsi Sulsel.

"Saat ini terdata 925 dampak angin kencang. Kalau menggunakan dana tidak terduga di APBD tentu tidak cukup, karena masih ada 11 bulan untuk 2020 dan dikhawatirkan dana kita habis, dan tidak diminta-minta ada bencana, sehingga Alhamdulillah Pak Gub siap mensinergikan, termasuk pendanaan bantuan," ungkap Taufan.

Di Kota Parepare sendiri, Gubernur Nurdin meninjau tiga titik yang menjadi pusat permasalahan banjir yang terjadi akibat luapan air sungai, seperti di jembatan Salo Karajae di Jalan Jenderal Muh Yusuf (Lontangnge) Kelurahan Watang Bacukiki, Kecamatan Bacukiki, lalu di jembatan Sungai Jawi-jawi Kelurahan Lapadde, Kecamatan Ujung, dan terakhir di jembatan Sumpang Minangae, pesisir Salo Karajae, Kelurahan Sumpang Minangae, Kecamatan Bacukiki Barat.

Setelah melakukan peninjauan, beberapa rencana antisipasi akan dilakukan dengan bersinergi Pemerintah Kota dan Pemerintah Provinsi Sulsel.

"Kami bersama Pak Wali akan bersinergi untuk menyelesaikan masalah ini. Termasuk jembatan Sumpang karena jembatan ini sudah ada sejak kami SD. Ini juga perlu kita lakukan kajian sambil kita buat perencanaannya," ujar Nurdin kepada sejumlah awak media.

Gubernur juga mendukung penuh rencana Pemerintah Kota Parepare dalam melakukan rencana aksi antisipasi banjir karena luapan air sungai.

"Pak Wali punya konsep lalu kami akan sinergikan. Pemkot tanggung apa, provinsi apa dan saya kira Parepare tidak sulit. Kami juga akan bekerjasama dengan Balai Sungai. Jadi tinggal aksi dan tindak lanjut," tegas Nurdin Abdullah.

Lanjut Nurdin, Pemerintah Kota akan mendata segala kerugian yang dialami masyarakat akibat bencana banjir.

"Langkah awal yang akan kita ambil, kita data seluruh kerusakan yang dialami masyarakat. Kita siapkan material, dan kita bergotong-royong membantu masyarakat," tutup Nurdin Abdullah.