Senin, 20 Januari 2020 17:33

Taufan Pawe Tekankan Soal Partisipasi Masyarakat di Musrenbang

Al Khoriah Etiek Nugraha
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Taufan Pawe Tekankan Soal Partisipasi Masyarakat di Musrenbang

Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe membuka Musrenbang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Parepare 2021, di ruang pola Kantor Wali Kota Parepare, Senin (20/01/2020).

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe membuka Musrenbang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Parepare 2021, di ruang pola Kantor Wali Kota Parepare, Senin (20/01/2020).

Dalam sambutannya Taufan mengatakan, implementasi e-planning dan e-budgeting memudahkan perencanaan yang partisipatif.

"Kegiatan berkaitan dengan RPJMD adalah saripati dari visi misi wali kota dan wakil wali kota sehingga perlu e-planning dan e-budgeting, yang pada akhirnya semua E E di Parepare," ungkap Wali Kota Taufan Pawe.

Taufan Pawe menekankan, Musrenbang adalah forum pendekatan yang realistis. Forum partisipatif, sehingga tidak boleh ada partisipasi masyarakat yang tercecer.

"Musrenbang ini adalah kebijakan 2021. Poin besar RPJMD adalah perencanaan dan penganggaran. Alhamdulillah, tidak ada persoalan yang berkaitan dengan perencanaan dengan keuangan daerah," terang Taufan.

Kelebihan Musrenbang di Parepare, selain Musrenbang secara umum, juga ada Musrenbang perempuan dan anak. Bahkan Parepare jadi motor penggerak lahirnya Musrenbang perempuan dan anak.

Kepala Bappeda Parepare, Samsuddin Taha dalam laporannya mengatakan, ini merupakan pembukaan secara umum Musrenbang mulai tingkat kelurahan, kecamatan, dan kota.

Tema Musrenbang adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan infrastruktur, peningkatan kualitas SDM dan layanan publik, serta mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan berdaya tahan lingkungan.

"Musrenbang Kelurahan adalah forum musyawarah tahunan para stakeholders perencanaan pembangunan kelurahan yang bertujuan merumuskan usulan-usulan prioritas kelurahan yang menjadi kebutuhan masyarakat dengan mengacu pada hasil Pra Musrenbang," papar Samsuddin.

Sementara Musrenbang Kecamatan adalah untuk membahas dan menyepakati hasil-hasil Musrenbang dari tingkah kelurahan yang akan menjadi prioritas kegiatan pembangunan di wilayah kecamatan terkait. 

Hadir dalam pembukaan Musrenbang, Wakil Wali Kota H Pangerang Rahim, Sekda H Iwan Asaad, staf ahli, asisten, pimpinan SKPD, camat, lurah, ketua LPMK, ketua RW, dan stakeholder se-Parepare.