Minggu, 02 Februari 2020 10:56

Adnan: PMI Harus Jadi Garda Terdepan saat Ada Bencana

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ketua PMI Sulsel, Adnan Purichta Ichsan (kanan).
Ketua PMI Sulsel, Adnan Purichta Ichsan (kanan).

Palang Merah Indonesia (PMI) harus siap menjadi garda terdepan saat terjadi bencana kapan saja dan di mana saja. Itu karena tugas utama PMI berkecimpung.

RAKYATKU.COM, GOWA - Palang Merah Indonesia (PMI) harus siap menjadi garda terdepan saat terjadi bencana kapan saja dan di mana saja. Itu karena tugas utama PMI berkecimpung di kemanusiaan.

Hal ini ditegaskan Ketua PMI Sulsel, Adnan Purichta Ichsan usai melantik Ketua PMI Kota Makassar, Syamsu Rijal beserta pengurus PMI masa bakti 2019-2024 di Aula Sipakatau, Kantor Wali Kota Makassar, Jumat (31/1/2020).

"Organisasi ini adalah organisasi yang besar, organisasi yang mengurusi kemanusian dan orang-orang yang membutuhkan bantuan, sehingga saya harap PMI selalu berada di barisan terdepan jika saudara-saudara kita yang tertimpa bencana butuh uluran tangan," katanya.

Dijelaskan Adnan, PMI bukanlah tempat untuk mencari keuntungan atau profit, tetapi organisasi ini adalah sebuah wadah mencari pahala. 

"Mengurusi PMI merupakan panggilan hati nurani yang didasari dengan ketulusan dan keikhlasan karena di PMI ini kita akan mengurusi banyak persoalan kemanusiaan, kebencanaan, dan menolong sesama," kata Bupati Gowa ini.

Keterlibatan dalam berorganisasi ini, memberikan dua manfaat positif bagi pengurus yang berkecimpung didalamnya.

"Kedua manfaat tersebut yakni, pertama, seluruh pengurus PMI otomatis rajin melakukan donor darah, yang diketahui bersama bahwa jika rutin melaksanakan donor darah maka tubuh akan lebih sehat, sebab darah yang disumbangkan akan diganti dengan darah baru. Kedua, saat menjalankan program kemanusiaan apalagi jika dilakukan dengan ikhlas maka akan menjadi sebuah amal jariyah," jelas Adnan.

Sementara, Syamsu Rijal menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada seluruh pengurus PMI Sulsel sehingga pelantikan hari ini dapat berjalan dan terlaksana dengan baik.

"Sebenarnya tiga bulan yang lalu kami telah melakukan Musda, namun saat itu kami masih dalam suasana berduka di tinggal oleh orang yang kami sayangi Bapak H Ichsan Yasin Limpo, sehingga kami tiada daya untuk melakukan pelantikan, dan Alhamdulillah akhirnya hari ini dapat terlaksana," ujarnya usai dilantik.

Selain itu, pihaknya ingin melaporkan, PMI Kota Makassar akan melakukan penandatangan MoU bersama empat lembaga pertama, Forum Makassarta, kedua kerjasama dengan Himpunan Pengembang Perusahaan (Hipera) Sulsel, kemudian kerja sama dengan Forum CSR Sulawesi Selatan, dan yang terakhir kerja sama dengan Jajaran Dokter Gigi dan Mulut.

"Kami berharap semoga kerjasama yang kami lakukan hari ini dapat bermanfaat bagi seluruh pengurus dalam menjalankan tugasnya di bidang kemanusiaan," ujar Deng Ical sapaan akrab Ketua PMI Makassar.