Selasa, 21 Januari 2020 23:34

Temui Wagub Sulsel, Ini yang Dibahas Bersama USAID

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Temui Wagub Sulsel, Ini yang Dibahas Bersama USAID

USAID kembali berkunjung ke Sulawesi Selatan. Kunjungan dipimpin oleh Ryan Washburn selaku Direktur USAID dan USAID Principal Officer untuk ASEAN di Kantor Gubernur Sulsel, Selasa, 21 Januari 2020.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR – USAID kembali berkunjung ke Sulawesi Selatan. Kunjungan dipimpin oleh Ryan Washburn selaku Direktur USAID dan USAID Principal Officer untuk ASEAN di Kantor Gubernur Sulsel, Selasa, 21 Januari 2020.

Diterima oleh Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman. Pertemuan itu membahas program rencana kerjasama.

"Di Sulawesi Selatan kami akan mengunjungi beberapa lokasi kerja kami dan melihat langsung keberhasilan yang telah kita raih bersama," ujar Ryan Washburn.

Ryan menyampaikan, bahwa Pemerintah Amerika serikat berkomitmen untuk terus bekerja sama dengan pemerintah dan masyarakat Sulawesi Selatan.

"Tujuan lain dari kunjungan kami adalah untuk berkonsultasi dengan para mitra kami seperti Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, untuk memastikan bahwa kegiatan kami selaras dengan prioritas pembangunan Indonesia," jelasnya.

Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, "tadi sempat menjelaskan energi terbarukan, masalah sanitasi dan sebagainya. Tentu kita meminta segala yang bermanfaat untuk masyarakat kita, kemudian bisa terus bekerja sama dengan Pemrov dalam bentuk program jangka pendek maupun jangka panjang, sehingga terjalin komunikasi, apa yang bisa USAID intervensi dan Pemprov Intervensi," ungkapnya.

Dirinya berharap kontribusi dari USAID bisa membantu masyarakat kita di Sulawesi Selatan. "Untuk bagaimana hidup lebih baik, bisa giat dalam masalah lingkungan, termasuk bagaimama industri di Sulsel bisa lebih baik, pertanian lebih baik dan sebagainya," tambahnya.

 Diketahui, Lembaga Pembangunan Internasional Amerika Serikat (bahasa Inggris: United States Agency for International Development, USAID) adalah badan independen dari pemerintahan Amerika Serikat yang bertanggung jawab atas bantuan untuk bidang ekonomi, pembangunan, dan kemanusiaan untuk negara-negara lain didunia dalam mendukung tujuan-tujuan kebijakan luar negeri Amerika Serikat.

Selama lima tahun terakhir, USAID telah bekerja dengan Provinsi Sulawesi Selatan. Untuk memperkuat perencanaan, pembiayaan, dan pelaksanaan solusi pembangunan yang meningkatkan pengelolaan sumber daya kelautan, memperkuat perawatan kesehatan ibu dan anak, menghentikan penyebaran penyakit infeksi, dan meningkatkan akses energi, layanan air bersih, dan sanitasi.