Rabu, 25 Desember 2019 00:01

Air Wiper Dicampur Sabun Cuci Piring, Bisakah?

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Air wiper.
Air wiper.

Air pada wiper berfungsi menyingkirkan debu atau kotoran yang menempel di kaca depan mobil. Air yang diisi ke tabung wiper biasanya hanya air keran.

RAKYATKU.COM - Air pada wiper berfungsi menyingkirkan debu atau kotoran yang menempel di kaca depan mobil. Air yang diisi ke tabung wiper biasanya hanya air keran yang bening. 

Akan tetapi, tidak jarang juga pemilik mobil menggunakan sabun cuci piring untuk campuran saat mengisi ulang tabung air wiper.

Bolehkah mengisi tabung air wiper dengan campuran sabun cuci piring?

Dikutip laman suzuki.co.id, sabun cuci piring boleh saja digunakan sebagai campuran air wiper. Air campuran sabun cuci piring dianggap lebih aman ketimbang sampo, yang berisiko merusak permukaan kaca mobil.

Sampo atau sabun cuci piring memang bisa digunakan sebagai campuran air wiper karena memiliki efek degreasing yang mampu menyapu minyak. Hal tersebut dinilai baik untuk kaca depan mobil yang sehari-harinya mungkin terpapar zat berminyak yang ditemukan saat berkendara.

Jadi boleh-boleh saja memberi campuran sabun cuci piring ke tabung air wiper. Tapi cukup beberapa tetes saja. Sebab jika terlalu banyak sampai tabung reservoir berbusa, justru bisa menghambat saluran washer.

Oh iya, selain menggunakan sabun cuci piring, opsi lainnya bisa menggunakan cairan pembersih kaca untuk campuran air wiper.

Sumber: Detik.com