Kamis, 19 Desember 2019 23:06

Bupati Gowa Dinilai Berhasil Tangani Pelayanan Kesejahteraan Sosial

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Gowa Dinilai Berhasil Tangani Pelayanan Kesejahteraan Sosial

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menjadi satu-satunya kepala daerah kabupaten/kota di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), yang berhasil menangani penerimaan pelayanan kesejahteraan sosial di

RAKYATKU.COM, GOWA - Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menjadi satu-satunya kepala daerah kabupaten/kota di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), yang berhasil menangani penerimaan pelayanan kesejahteraan sosial di wilayahnya.

Hal ini dibuktikan dengan diraihnya penghargaan Kesetiakawanan Sosial dari Kementrian Sosial Republik Indonesia atas partisipasi dalam penanganan penerima pelayanan kesejahteraan sosial. 

Penghargaan yang diberikan langsung Menteri Sosial RI, Juliari P Batubara yang diterima Wakil Bupati Gowa Abd. Rauf Malaganni pada Puncak Acara Bulan Bakti Kesetiakawanan Sosial (BBKS) pada peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2019, di Lapangan Kantor Gubernur Kalimantan Selatan, Kota Banjarmasin, Kamis (19/12/2019). 

Abd. Rauf Malaganni mengatakan, Bapak Bupati Gowa memang memberikan perhatian penuh terhadap pembinaan kesejahteraan sosial. Mulai dari fakir miskin, penyandang disabilitas, lansia tidak mampu, pengemis hingga anak terlantar. 

"Perhatian ini menjadi penilaian Bapak Bupati Gowa berhak menerima penghargaan tersebut," katanya usai menerima penghargaan. 

Dengan prestasi tersebut tentunya akan semakin memotivasi pemerintah daerah pada penanganan kesejahteraan masyarakat, utamanya pada program-program sosial. 

Sementara, Kepala Dinas Sosial Syamsuddin Bidol mengatakan, penghargaan diraih karena Pemkab Gowa melalui kepemimpinan Bupati Gowa dan Wakil Bupati Gowa dinilai mampu menangani dan membina masyarakat kurang mampu. 

"Sejumlah program sosial yang telah kita canangkan dalam mendorong kesejahteraan sosial di wilayah Kabupaten Gowa salah satunya melalui program bantuan pangan non tunai (BPNT), program keluarga harapan (PKH) dan beberapa program lainnya," ujarnya. 

Termasuk pula perhatian pemerintah kepada masyarakat dalam bidang kesehatan, pendidikan dan bidang lainnya. Kedepan, pihaknya pun berharap seluruh stakeholder terkait dapat ikut mensuport dengan menyelaraskan dengan program-program yang dijalankan. Salah satunya pada Dinas PUPR yang telah membangun lokasi pedestrian yang ramah disabilitas. 

Selain Bupati Gowa, kepala daerah lainnya di Indonesia yang berhasil menerima antara lain Wali Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Bupati Sumbawa Barat, dan Bupati Berua, Kalimantan Timur. Sementara, turut mendampingi Wabup Gowa Kadis Sosial Kabupaten Gowa, dan Kadis PMD Kabupaten Gowa.