Kamis, 28 November 2019 15:18

DRPD Makassar Dorong Pengadaan Seragam Sekolah Gratis

Al Khoriah Etiek Nugraha
Konten Redaksi Rakyatku.Com
DRPD Makassar Dorong Pengadaan Seragam Sekolah Gratis

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar mendorong adanya dana pengadaan seragam sekolah gratis bagi siswa miskin. 

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar mendorong adanya dana pengadaan seragam sekolah gratis bagi siswa miskin. 

Anggaran pengadaan ini tengah dibahas bersama Dinas Pendidikan Kota Makassar, untuk dimasukkan dalam anggaran APBD 2020.

"Kami usulkan 2.000 paket seragam sekolah. Jadi 1.000 untuk pelajar SD dan 1.000 untuk SMP. Jika asumsinya Rp300 ribu maka butuh Rp600 juta," Ketua Komisi D DPRD Kota Makassar, Abdul Wahab Tahir di Makassar.

Politisi Partai Golkar ini mengaku telah mengajukan usulan pengadaan seragam sekolah ke Dinas Pendidikan Kota Makassar agar bisa terakomodir di APBD 2020. 

“Jadi kita arahkan program Disdik ini programnya terasakan langsung dan di sisi lain anggarannya tidak terlalu membebani," ucapnya.

 

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Makassar, Ahmad Hidayat, menyambut baik usulan pengadaan 2.000 seragam. 

"Kita belum bisa bicara pembagian dan peruntukannya karena ini belum final. Masih dibahas bersama DPRD Kota Makassar," ujarnya.

Kata Ahmad, fasilitas untuk peserta didik memang patut dijadikan atensi. Termasuk usulan 2000 seragam yang rencananya akan menjadi program Dinas Pendidikan. Hanya saja Ahmad belum berani membicarakan teknis pembagian 2.000 dan siapa saja yang berhak untuk mendapatkannya.

“Itu masih perlu kita bahas lebih lanjut bersama DPRD. Insyaalah Jumat mendatang akan kita matangkan bersama," katanya.

Pembagian seragam secara cuma-cuma, diakui Ahmad sebagai usulan yang bagus. Jika benar-benar diterapkan, diharap persoalan seperti pungutan liar dengan dalih beli seragam tak terjadi lagi. 

"Karena sudah ada yang dibagikan. Dan tentu seragamnya gratis," terangnya.