Minggu, 17 November 2019 20:58

160 Peserta Ikut Simulasi CAT CPNS BKD Sulsel

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
160 orang mengikuti simulasi yang digelar di Car Free Day (CFD) Jalan Jenderal Sudirman, Minggu (17/11/2019).
160 orang mengikuti simulasi yang digelar di Car Free Day (CFD) Jalan Jenderal Sudirman, Minggu (17/11/2019).

160 orang mengikuti simulasi yang digelar di Car Free Day (CFD) Jalan Jenderal Sudirman, Minggu (17/11/2019).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Simulasi Computer Assisted Test (CAT) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang digelar Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel bekerjasama dengan Kantor Regional IV Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Makassar, mendapat sambutan yang cukup antusias dari masyarakat. Khususnya, mereka yang akan mengikuti tes CPNS tahun ini. Tercatat, 160 orang mengikuti simulasi yang digelar di Car Free Day (CFD) Jalan Jenderal Sudirman, Minggu (17/11/2019).

Salah seorang peserta, Artia, mengaku, cukup terbantu dengan diadakannya simulasi ini. Apalagi, ia sudah dua kali mengikuti tes CPNS dengan sistem CAT, namun selalu gagal. 

"Dengan adanya simulasi ini, sangat membantu karena kita mendapat gambaran mengenai soal-soal CPNS dan cara pengisiannya," kata Artia. 

Peserta lainnya, Asmi, berharap simulasi seperti ini lebih sering diadakan jelang tes CPNS. Saat simulasi, ia mendapat nilai 185.

"Ini menjadi pembelajaran, dan lebih memotivasi lagi kita untuk belajar supaya bisa lulus menjadi ASN," ucapnya. 

Diketahui, pada simulasi tersebut, panitia menyiapkan 20 unit laptop. Tiap peserta diberi waktu 30 menit, untuk menyelesaikan 50 soal. 

Kepala BKD Sulsel, Asri Sahrun, mengatakan, melihat animo masyarakat yang begitu besar untuk merasakan langsung seperti apa penerimaan CPNS melalui sistem CAT, pihaknya merencanakan untuk melakukan simulasi dua putaran lagi. Rencananya, pekan depan akan dilaksanakan di CFD Boulevard, dan pekan berikutnya di Pantai Losari. 

"Durasinya akan coba kita persingkat. Kalau hari ini 30 menit per orang, ke depan tinggal 15 menit biar lebih banyak yang merasakan," jelasnya. 

Ia berharap, dengan simulasi ini, bisa mengurangi keluhan terkait sistem CAT. Selama ini, banyak yang mengeluh jika kegagalan mereka akibat tidak paham dengan sistem ini. 

"Semoga ke depan kita bisa menjaring putra putri terbaik kita menjadi ASN," harapnya. 

Pada simulasi tersebut, BKD menyiapkan hadiah menarik bagi peserta yang lolos passing grade.