Senin, 18 November 2019 05:30

9 Letak Jerawat di Tubuh yang Bisa Tunjukkan Masalah Kesehatan

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi
Ilustrasi

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang umum terjadi. Biasanya jerawat muncul di area wajah. Penyebab jerawat di area wajah biasanya disebabkan oleh beberapa faktor seperti, keturunan, hormon,

RAKYATKU.COM - Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang umum terjadi. Biasanya jerawat muncul di area wajah. Penyebab jerawat di area wajah biasanya disebabkan oleh beberapa faktor seperti, keturunan, hormon, gaya hidup, dan lain sebagainya.

Namun beberapa orang kerap merasakan keberadaan jerawat di area tubuh lainnya selain wajah. Keberadaannya membuat penderitanya merasakan tidak ketidaknyamanan. Parahnya lagi, ternyata posisi jerawat di tubuh adalah tanda masalah kesehatan.

Beberapa penyebab jerawat muncul di area tubuh diakibatkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Sehingga mengakibatkan masalah atau gangguan kesehatan. Jerawat atau benjolan di tubuh ini merupakan salah satu gejala atau tanda yang bisa dengan mudah kamu kenali.

Untuk lebih mewaspadai keberadaan jerawat di area tubuh lain, kamu perlu mengenal posisi jerawat di tubuh. Berikut arti posisi jerawat di tubuh yang menandakan masalah kesehatan dikutip dari liputan6.com:

Dagu dan Leher
Posisi jerawat di area ini dapat dikaitkan dengan masalah kesehatan berupa ketidakseimbangan hormon. Penyebab jerawat muncul di dagu dan sekitar leher adalah kelenjar adrenal, konsumsi gula, dan stres yang belebihan.

Biasanya pihak medis atau dokter akan menyarankan kamu untuk memeriksakan hormon dan mengurangi konsumsi gula. Pastikan juga sampo dan produk kondisioner aman untuk jenis kulit kamu.

Karena sebagian produk perawatan rambut kerap meninggalkan residu yang dapat berpindah ke daerah leher dan menyumbat pori-pori.

Bahu
Penyebab jerawat di bahu adalah stres dan terlalu lama terpapar pakaian yang terkena keringat setelah olahraga. Pastikan untuk segera membersihkan tubuh setelah berolahraga.

Kurangi faktor penyebab stres seperti yoga, berjalan-jalan, membaca buku, dan lain sebagainya. Eksfoliasi juga bisa kamu lakukan untuk mencegah jerawat di bahu muncul.

Dada
Jerawat yang muncul di area dada menandakan kamu sedang mendapati masalah pada sistem pencernaan. Jerawat di dada juga menunjukkan ketidakseimbangan pada organ hati akibat reaksi alergi atau ketidakseimbangan dalam usus.

Pola makan yang buruk dan sensitif terhadap makanan tertentu juga mengakibatkan jerawat di dada. Untuk mencegah jerawat muncul di dada, kamu bisa menghindari makanan pedas terlalu banyak.

Lengan
Jerawat yang terdapat di bagian lengan menandakan kamu sedang kekurangan vitamin. Jerawat pada area ini juga menjadi pertanda kamu alergi terhadap sesuatu.

Adanya jerawat atau benjolan-benjolan kecil pada lengan bisa disebabkan oleh keratosis pilaris, merupakan kondisi umum yang berkaitan dengan penumpukan protein keratin yang dapat menyumbat folikel rambut.

Untuk meringankan kondisi ini, kamu bisa mengonsumsi lebih banyak buah, sayuran, dan biji-bijian ke dalam menu makanan harian kamu. Perhatikan juga produk deterjen, lotion, dan sabun mandi apalan mengandung bahan-bahan yang mengiritasi atau menyumbat pori-pori.

Perut
Posisi jerawat di perut menandakan kondisi kesehatan berupa kadar gula darah tinggi pada tubuh. Cara mengatasi keberadaan jerawat di perut bisa dengan melakukan pola makan sehat atau diet.

Area Kewanitaan
Jerawat yang muncul pada area kewanitaan menandakan kamu kurang menjaga kebersihan di area tersebut. Mengenakan pakaian yang terkena keringat atau tidak sering mengganti pakaian dalam bersih beberapa penyebab jerawat muncul di area tersebut.

Untuk mencegah jerawat muncul di area ini, tetap jaga kebersihan area sekitar kewanitaan. Ketika benjolan atau jerawat tersebut terasa sakit atau gatal, kamu bisa memeriksakannya ke dokter untuk memastikan masalah kesehatan yang mungkin merupakan tanda PMS.

Paha
Jerawat muncul di paha menandakan kamu alergi terhadap produk tertentu, seperti deterjen atau krim cukur. Untuk mengatasi masalah jerawat di area tersebut, kamu bisa mengganti sabun deterjen dan mengenakan celana yang lebih longgar.

Punggung
Area punggung, baik atas maupun bawah merupakan posisi yang sering ditumbuhi jerawat. Kondisi ini menandakan adanya masalah sistem pencernaan.

Pakaian yang terkena keringat juga mengakibatkan munculnya jerawat di punggung. Untuk mengatasi kondisi ini, kamu bisa menghindari atau mengganti pakaian yang terkena keringat dengan pakaian bersih.

Kurangi dan berhenti konsumsi makanan yang digoreng dan mendapatkan istirahat yang cukup bisa kamu lakukan untuk meringankan kondisinya.

Bokong
Jerawat yang muncul di bokong menandakan ada masalah pada sistem pencerdaan dan peradangan di tubuh. Cobalah untuk menghindari minum es di pagi hari dan hindari duduk terlalu lama untuk meningkatkan sirkulasi darah.

Mengubah pola makan dan menambahkan lebuh banyak makanan alami sangat dianjurkan untuk mencegah jerawat muncul di bokong.