Jumat, 15 November 2019 07:00

Ahok Akan Jadi Bos BUMN, Sandiaga Uno Bilang Begini

Ibnu Kasir Amahoru
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Sandiaga Uno. Ist
Sandiaga Uno. Ist

Sandiaga Uno ikut berkomentar terkait kabar Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akan menjadi bos salah satu BUMN. 

RAKYATKU.COM - Mantan Wakil Gubernur DKI, Sandiaga Uno ikut berkomentar terkait kabar Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akan menjadi bos salah satu BUMN. 

Menurut Sandiaga, kalau dari sisi korporasi BUMN, penunjukan pimpinan komisaris dan direksi BUMN itu harus melalui satu program penilaian yang sangat komprehensif.

"Saya melihatnya kalau dari sisi korporasi BUMN, itu kan penunjukan pimpinan komisaris dan direksi itu harus sudah melalui satu program yang sangat komprehensif ya. Kajiannya dari segi right man at the right place, background-nya dan juga kontribusi yang diharapkan kalau di dewan komisaris seperti apa dan di dewan direksi seperti apa, dan karena ini kita bicara BUMN yang milik rakyat tentunya proses itu juga saya yakin Pak Erick sangat menguasai karena dia dari dunia korporasi," kata Sandiaga.

"Nah kita mesti pisahkan aspek politiknya dalam penunjukan itu karena siapapun yang masuk di BUMN itu tidak boleh lagi berpolitik dan tidak boleh menjadi pengurus atau pimpinan dari partai politik. Jadi saya yakin ada prosesnya," tambahnya.

Sandiaga menilai, dari sudut pandang korporasi, untuk menunjuk komisaris maupun direksi ada pertimbangannya dan melalui review matrix. Karenanya dia berharap agar kita tidak terlalu berspekulasi dengan kabar pengangkatan Ahok ke jajaran salah satu BUMN.

"Kalau kami dari korporasi sih sangat detail itu, untuk menunjuk komisaris dan menunjuk direksi pertimbangannya seperti apa akan melalui review matrix dan saya yakin kalau kita jangan terlalu berspekulasi, jangan men-judge, kita tunggu hasil kajian dari temen-temen di BUMN kita dengarkan pertimbangannya" Ucap Sandiaga dilansir Detikcom, Jumat (15/11/2019)

"Ya saya lihat masukan dari masyarakat tentunya akan menjadi pertimbangan, dan karna ini akan menjadi pimpinan daripada BUMN besar BUMN strategis yang mengurus hajat hidup orang banyak tentu salah satu stakeholdersnya adalah masyarakat itu sendiri" kata Sandiaga.