Rabu, 13 November 2019 12:07

HKN 2019 di Sidrap Akan Berlangsung Meriah

Ibnu Kasir Amahoru
Konten Redaksi Rakyatku.Com
HKN 2019 di Sidrap Akan Berlangsung Meriah

Perayaan Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2019 akan dilakukan di Sidrap. Panitia membuat konsep istimewa di perayaan itu.

RAKYATKU.COM, SIDRAP -- Perayaan Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2019 akan dilakukan di Sidrap. Panitia membuat konsep istimewa di perayaan itu.

Ketua Panitia HKN Sidrap 2019, Ishak Kenre mengatakan, kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari mulai Jumat 15 November 2019.

"Rencananya, rangkaian kegiatan itu akan dihadiri Bupati Sidrap, HDollah Mando dan nyonya," kata Ishak
didampingi Sekretaris Panitia Syahrul Mubarak di Pangkajene, Rabu (13/11/2019).

Menurutnya, kegiatan HKN ini akan dibuat semeriah mungkin. "Kita sudah siapkan pelbagai macam lomba. Salah satunya, lomba devile yang diikuti sekitar 3000an peserta," ujar Ishak.

Dia menjelaskan, para peserta yang akan hadir di antaranya berasal dari 14 puskesmas, 3 rumah sakit ditambah peserta dari STIKES Muhammadiyah Sidrap.

"Khusus untuk acara devile ini, rencananya akan dilepas Bupati Sidrap H Dollah Mando. Sekaligus dihadiri Hj Mulyani Dollah selalu Ketua Forum Kabupaten Sehat. Beliau hadir sebagai juri kehormatan," ungkap Ishak.

Setelah acara devile, lanjut Ishak, dilanjutkan dengan lomba menu sehat yang diikuti 16 kelompok.

"Lomba menu sehat ini untuk mengedukasi pentingnya gizi seimbang, mencegah stunting serta meningkatkan pemeliharaan kesehatan diri dan keluarga dari berbagai penyakit," terang Ishak.

Bukan itu saja, lanjut Ketua Persakmi Sidrap ini, peringatan HKN ini juga akan dimeriahkan dengan persembahan senam cuci tangan pake sabun (CTPS) dan senam kreasi.

"InsyaAllah semua tim akan menampilkan tim terbaiknya. Namun yang terpenting gerakan cuci tangan pake sabun ini sangat efektif mencegah penyakit. Dan yang tak kalah menarik, para dokter juga akan terlibat dalam berbagai lomba, baik dokter umum maupun dokter spesialis," paparnya.

Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Sidrap HA Irwansyah mengatakan, perayaan HKN tahun ini merupakan momen istimewa di mana Sidrap berhasil menunjukkan prestasi sebagai daerah yang berhasil mendapatkan penghargaan Swasti Saba Wisatara tiga kali berturut-turut. 

"Momen HKN tahun ini jadi momen istimewa bagi kita, sebab di tahun ini Sidrap mampu membuktikan dan mempertahankan prestasi sebagai daerah peraih penghargaan tertinggi dalam penilaian Kabupaten Sehat yakni Swasti Saba Wistara," ungkapnya.

Dengan momentum istimewa ini imbuh Irwansyah, wajar jika dalam puncak HKN ini dilangsungkan kegiatan yang meriah untuk terus memberikan semangat bagi para petugas kesehatan yang bertugas di seluruh pelosok Bumi Nene Mallomo ini untuk semakin bergairah dalam bekerja.

"Momen HKN ini jadi momen bagi kami, seluruh petugas kesehatan untuk membangun komitmen memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dan terus mempertahankan prestasi-prestasi yang telah diraih Sidrap selama ini," jelasnya.

Untuk itu, Irwansyah berharap HKN ini hendaknya dijadikan momentum untuk meningkatkan semangat bekerja dan menjadi pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan dan komitmen memberikan pelayanan yang terbaik.