Selasa, 12 November 2019 05:30

Naik Rp200 Miliar, Pemprov Sulsel Siap Bagi-Bagi Dana Rp500 Miliar untuk Kabupaten-Kota

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman (tengah).
Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman (tengah).

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman menghadiri rapat koordinasi (Rakor) di ruang rapat pimpinan Kantor Gubernur Sulsel, Senin (11/11/2019).

RAKYATKU.COM,MAKASSAR – Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman menghadiri rapat koordinasi (Rakor) di ruang rapat pimpinan Kantor Gubernur Sulsel, Senin (11/11/2019).

Rakor itu membahas pemberian bantuan keuangan Pemerintah Provinsi Sulsel kepada pemerintah kabupaten/kota. 

Wagub Sulsel mengatakan, Pemerintah Provinsi Sulsel telah menyiapkan anggaran Rp500 miliar untuk bantuan ke daerah. 

Bantuan ini berasal dari alokasi APBD 2020. Jumlah bantuan keuangan daerah meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya Rp300 miliar.

“Skema penyaluran anggaran bantuan keuangan tahun ini memang berubah. Tahun depan Pemprov sudah menyiapkan anggaran. Pemprov juga meminta masukan program dari setiap daerah,” ujar Andi Sudirman.

Terkait mekanisme pemberian bantuan, Andi Sudirman menyebutkan, terdapat beberapa kategori program yang menjadi syarat pemberian bantuan keuangan. 

Syarat tersebut di antaranya berdasarkan kebutuhan pembangunan infrastruktur jalan di kabupaten/kota yang sudah hancur atau rusak parah.

“Mengenai progresnya sudah bagus, karena kita juga memulai di pertengahan tahun. Di antara daerah-daerah ada satu yang belum sempat menyelesaikan program prioritas, karena mereka ragu dengan akses, karena besar jembatan yang mau dibuat dan ragu juga takut alat berat tidak dapat masuk,” terang Andi Sudirman.

Ia menambahkan, perbaikan infrastruktur ini membutuhkan biaya yang besar. Pemerintah daerah atau pemerintah kabupaten bisa sharing atau berbagi dengan anggaran bantuan keuangan dari Pemerintah Provinsi Sulsel.