Senin, 11 November 2019 04:00

Cara Mudah Rawat Aki Mobil Agar Panjang Umur

Ibnu Kasir Amahoru
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Cara Mudah Rawat Aki Mobil Agar Panjang Umur

Aki adalah sumber kehidupan bagi sistem kelistrikan mobil. Jika bermasalah sedikit saja, bisa mempengaruhi kelangsungan sistem kelistrikan pada mobil.

RAKAYATKU.COM - Aki adalah sumber kehidupan bagi sistem kelistrikan mobil. Jika bermasalah sedikit saja, bisa mempengaruhi kelangsungan sistem kelistrikan pada mobil.

Maka itu, pemilik mobil harus tahu bagaimana cara merawat aki mobil agar tidak mudah tekor. Sebab, harga aki juga terbilang tidak murah, jika harus sering ganti.

Dilansir laman Otosia, ada enam cara mudah untuk merawat aki mobil supaya aki awet, apa saja?

 Pertama, matikan komponen kelistrikan ketika mesin mati. Cara ini membuata muatan listrik pada aki tidak akan berkurang dan ketika mesin dihidupkan kembali, beban aki bisa memenuhi kebutuhan sistem starter.

Kedua, rajin panaskan mesin kendaraan. Khususnya, untuk mobil yang jarang dipakai, perlu memanaskan mesin sejenak sebelum mobil dikendarai.

Ketiga, periksa level air aki. Pastikan air aki ada di antara level atas dan bawah. Jika air aki sampai habis atau berada di bawah level, maka aki bisa rusak atau tekor.

Keempat, periksa terminal aki. Sebab, kondisi kendur dan karat pada terminal aki bisa menakibatkan aliran listrik tidak sempurna. Fatalnya, bisa menyebabkan aki meledak.

Kelima, periksa pengikat aki. Pastikan aki diikat secara kuat, supaya posisinya tidak gampang geser.

Keenam, rutin periksa aki. Cara ini supaya Otolovers tahu ketika terjadi kebocoran bisa terdeteksi. Jika ditemukan kebocoran, segera keringkan dan bersihkan area tersebut dan jika sudah parah, lebih baik ganti dengan aki baru.