Kamis, 07 November 2019 20:35

Pemprov Sulsel Dorong Program 15 Menit Mengaji untuk Siswa SMA

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pemprov Sulsel Dorong Program 15 Menit Mengaji untuk Siswa SMA

Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman membuka acara Gerakan 15 Menit Mengaji untuk SMA/SMK di Phinisi Ballroom, Hotel Claro Makassar, Kamis (7/11/2019).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman membuka acara Gerakan 15 Menit Mengaji untuk SMA/SMK di Phinisi Ballroom, Hotel Claro Makassar, Kamis (7/11/2019).

Kegiatan ini diselenggarakan Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, yang dihadiri 813 guru agama yang berasal dari kabupaten/kota di Sulawesi Selatan.

Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengapresiasi literasi Quran, salah satunya dengan menginisiasi jalur prestasi hafidz di Sekolah Menengah atas/ Kejuruan di Sulawesi Selatan. 

"Di Sulawesi Selatan telah dilaksanakan program literasi Quran 30 menit setiap hari Jumat, itu bagus untuk anak kita. Lahirnya program ini merupakan imun untuk kekebalan agama, fundamental anak. sebagaimana kita harus memberikan pemahaman agama yang ditafsirkan dengan rujukan bukan tanpa rujukan," ungkap Andi Sudirman Sulaiman.

Beliau menambahkan bahwa Gerakan 15 menit mengaji diharapkan siswa diberikan bimbingan pembelajaran tajwid dan pengetahuan fundamental agama. Dengan adanya gerakan ini, juga akan mengurangi dampak kenakalan remaja. Pelajaran tersebut tertuang kedalam modul dasar, tahsin, hafalan surah, dan hadis pilihan. 

"Perlahan kita juga mengajarkan As-Siyasah Syar'iyah, tujuannya adalah bagaimana menciptakan generasi yang berkarakter akhlak yang betul-betul mencerminkan agama Islam, Harapan kami melahirkan generasi berkarakter akhlak yang baik, bebas paham radikalisme dan Insya Allah kelak menjadi pemimpin pemimpin idealis, bermoral, profesional, anti korupsu, bebas paham radikalisme sesat dan amanah," tambahnya.

Sebelumnya, Pemprov Sulsel memberikan kerja nyata dalam pengembangan Tahfidz Al-Quran. Bulan Ramadan lalu, Pemprov mencanangkan program satu desa satu hafiz. Dimana diikuti oleh puluhan orang hafiz Alquran dari berbagai daerah di Sulsel.

"Pelaksanaan kegiatan ini merupakan salah satu program prioritas di bidang Pendidikan dan merupakan program prioritas Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel" ujar Kepala Bidang SMA, M. Sabri.