Senin, 04 November 2019 03:00

Jangan Tertipu! Ini Cara Bedakan Bensin Asli dan Oplosan

Ibnu Kasir Amahoru
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Jangan Tertipu! Ini Cara Bedakan Bensin Asli dan Oplosan

Pemilik kendaraan biasanya akan memilih bensin eceran saat lupa mengisi bahan bakar minyak (BBM) di SPBU.

RAKYATKU.COM - Pemilik kendaraan biasanya akan memilih bensin eceran saat lupa mengisi bahan bakar minyak (BBM) di SPBU.

Keadaan tersebut terpaksa dilakukan agar kendaraan tetap menyala sembari mencari SPBU terdekat. Meski hanya satu liter, pemilik biasanya tak terlalu yakni bensin yang dijual merupakan asli oplosan.

Untuk mengetahuil lebih jelas, berikut cara mengetahui bensin yang dijual merupakan oplosan atau tidak, seperti dilansir Federal Oil.

Cara pertama, bisa dilihat dari warnanya. Bensin oplosan biasanya memiliki warna tidak terlalu pekat dan cenderung lebih bening karena sudah dicampur dengan zat lain.

Cara kedua, celupkan satu ruas jari ke dalam bensin. Setelah itu, diamkan sekitar 1 menit, apakah bensin tersebut menguap dengan cepat atau masih ada yang tersisa di jari.

Apabila masih ada yang tersisa dan menempel di permukaan jari, dapat dipastikan itu adalah bensin oplosan.

Cara terakhir, membutuhkan koran bekas untuk menggunakannya. Celupkan koran bekas ke dalam bensin yang terindikasi dioplos oleh penjual. Jika koran tersebut luntur, dapat dipastikan bensin tersebut oplosan.

Meskipun tidak semua penjual bensin eceran yang ada melakukan praktik nakal, namun pemilik kendaraan wajib berusaha menjaga kesehatan mesin dengan menggunakan bensin tanpa timbal dan bebas dari oplosan.

Jangan lupa selalu pantau indikator bahan bakar ketika perjalanan, agar tidak terjebak dengan penjual bensin eceran pinggir jalan.