Kamis, 31 Oktober 2019 21:47

Supaya Mudah Dikontrol, Rumah Daeng Baco Dibikin Berdekatan Tempat Tinggal Ponakan

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Daeng Baco (93)
Daeng Baco (93)

Daeng Baco (93) warga Lingkungan Karampuan, Kelurahan Malino, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, saat ini tengah dibangunkan rumah layak huni dari Pemerintah Kabupaten Gowa.

RAKYATKU.COM, GOWA - Daeng Baco (93) warga Lingkungan Karampuan, Kelurahan Malino, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, saat ini tengah dibangunkan rumah layak huni dari Pemerintah Kabupaten Gowa.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gowa, Syamsuddin Bidol telah bergotong-royong bersama warga sekitar untuk membangunkan rumah itu. 

Saat ditanya terkait penerjunan pekerja sosial dari Dinas Sosial Gowa untuk merawat keseharian Daeng Baco, pihaknya menyerahkan itu ke keponakan Daeng Baco bernama Siti Maryam. Meskipun keduanya beda rumah, namun saling berdekatan.

"Jadi rumah yang dibangun tersebut untuk lansia Daeng Baco, tidak jauh dari rumah keponakannya tersebut Siti Maryam. Agar memudahkan keponakannya tersebut memantau lansia Daeng Baco," kata Syamsuddin kepada Rakyatku.com, Kamis (31/10/2019).

Pihak Dinsos Gowa tidak menerjunkan pekerja sosialnya untuk merawat Daeng Baco, melainkan sepenuhnya kepada Sitti Maryam untuk merawatnya.

Sebelumnya, Daeng Baco tinggal sendiri di sebuah rumah kumuh yang tidak layak seorang diri, dan tanpa listrik. Selain rumahnya itu, Daeng Baco juga mengidap Tunanetra sejak ia kecil. Menurut Daeng Baco, hal itu membuat dirinya tidak mempunyai istri dan anak.

Daeng Baco juga tidak mendapat jaminan kesehatan. Dan setelah pihak Pemkab Gowa mendatangi rumah Daeng Baco, Dinsos Gowa segera mendaftarkan Daeng Baco sebagai peserta jaminan kesehatan, bersama dengan Sitti Maryam.

"Semua anggota keluarga ini, kami usulkan mendapatkan KIS, mohon doakan semoga semuanya lancar setelah diusulkan dalam aplikasi. Lansia baco dalam satu kartu keluarga dengan keponakannya atas nama Sitti Maryam," tambah Syamsuddin.