Kamis, 24 Oktober 2019 18:53

Pakai Format Baru, Tiongkok Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Antarklub 2021

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pakai Format Baru, Tiongkok Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Antarklub 2021

Tiongkok resmi akan menggelar Piala Dunia Antarklub di 2021. Turnamen juga akan mengalami perubahan format.

RAKYATKU.COM, SHANGHAI - Tiongkok resmi akan menggelar Piala Dunia Antarklub di 2021. Turnamen juga akan mengalami perubahan format.

Keputusan ini diumumkan dalam sebuah pertemuan FIFA di Shanghai, Tiongkok, Kamis (24/10/2019). Pada format baru ini, Piala Dunia Antarklub akan diperluas menjadi 24 peserta, jauh lebih banyak dibandingkan format tujuh tim yang diterapkan pada saat ini.

Piala Dunia Antarklub dengan format baru akan diselenggarakan pada Juni dan Juli 2021. Kontestan turnamen terdiri atas 8 tim Eropa, 1 dari Tiongkok, 1 dari Oceania, dan 3 tim lain dari konferensi lain.

Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, sesungguhnya menentang perubahan format Piala Dunia Antarklub karena dianggap sebagai usaha untuk menyaingi prestis Liga Champions.

Akan tetapi, Presiden FIFA Gianni Infantino tetap memberi memberikan dukungan. "Ini adalah sebuah keputusan bersejarah untuk sepak bola," kata Infantino dikutip ESPNFC.

Qatar akan menggelar dua edisi terakhir Piala Dunia Antarklub dalam format tujuh tim. Kompetisi ini akan dilangsungkan pada 11 Desember 2019, di mana Liverpool memasuki fase semifinal.

 

Sementara itu, FIFA mengonfirmasi Piala Dunia 2030 akan dipilih pada 2024 di pertemuan kongres ke-74. Sedangkan proses bidding akan diluncurkan pada kuartal kedua 2022.