Senin, 21 Oktober 2019 06:00

Menurut Rasulullah, Jangan Nikahi 5 Jenis Wanita Ini

Ibnu Kasir Amahoru
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Menurut Rasulullah, Jangan Nikahi 5 Jenis Wanita Ini

Mencari pasangan hidup tidak boleh sembarangan. Salah pilih bisa jadi malapetaka dunia akhirat.

RAKYATKU.COM - Mencari pasangan hidup tidak boleh sembarangan. Salah pilih bisa jadi malapetaka dunia akhirat.

Sebab, pasangan adalah orang yang akan menentukan suka duka hidup kita sepanjang kehidupan yang dijalani bersama-sama dengannya.

Bahkan dalam Islam, terdapat sejumlah aturan untuk memilih pasangan. Beberapa ulama terdahulu pun menuliskannya dalam sebuah kitab. 

Salah satunya adalah Kitab Qurrat Uyun syarah Nazham Ibnu Yamun, karya Syaikh Muhammad At-Tihami Ibnul Madani Kanun.

Di dalam kitab tersebut terdapat bab yang menjelaskan tentang kriteria memilih pasangan. Yakni dipilih untuk menjadi pendamping hidup. Seperti dikutip dari situs Laduni.id, Rasulullah SAW bersabda tentang memilih pasangan hidup.

Misalnya, Rasulullah menganggap wanita adalah sebagai perhiasan dunia. "Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita shalihah"

Selain itu, Rasulullah pun melarang laki-laki yang ingin memilih pasangan yang dicintainya karena hanya kecantikan dan kekayaannya saja. Tapi tidak disertai dengan iman dan takwa. Rasulullah SAW pun bersabda;

"Barang siapa menikahi seorang wanita hanya karena memandang kemuliaan derajatnya, maka Allah Swt tidak akan menambah baginya, kecuali kehinaan. Barang siapa menikahi seorang wanita hanya karena memandang hartanya, maka Allah tidak akan menambah baginya kecuali kefakiran. Barang siapa menikahi seorang wanita karena kecantikannya, maka Allah tidak akan menambah baginya kecuali kerendahan. Dan barang siapa menikahi seorang wanita tanpa tujuan lain, kecuali agar dia lebih mampu meredam gejolak pandangannya dan lebih dapat memelihara kesucian seksualnya dari perbuatan zina, atau dia hanya ingin menyambung ikatan kekeluargaan, maka Allah Swt akan selalu memberkahinya bagi istrinya. Sedangkan seorang hamba sahaya yang jelek rupa dan hitam kulitnya, namun kuat imannya, adalah lebih utama".

Pernah, seorang Sahabat yaitu Zaid bin Tsabit ditanya oleh Rasulullah. Apakah Zaid sudah menikah? Dan ia pun menjawab belum. Kemudian Rasulullah pun menyarankan Zaid segera menikah. Dalam suatu riwayat cerita ini dituangkan, yaitu:

"Hai Zaid, apakah engkau sudah kawin?", Zaid menjawab belum", Nabi bersabda 'Kawinlah, maka engkau akan selalu terjaga, sebagaimana engkau menjaga diri. Dan janganlah sekali-kali kawin dengan lima golongan wanita.'

Zaid bertanya ' Siapakah mereka Ya Rasulallah?" Rasulullah menjawab "mereka adalah: syahbarah, lahbarah, nahbarah, handarah, dan lafut'. Zaid berkata "Ya Rasulallah, saya tidak mengerti apa yang engkau katakan".

Maka Rasulullah menjelaskan, "Syahbarah ialah wanita yang bermata abu-abu dan jelek tutur katanya. Lahbarah adalah wanita yang tinggi dan kurus. Nahbarah ialah wanita tua yang senang membelakangi suaminya (ketika tidur). Handarah ialah wanita yang cebol dan tercela. Sedangkan Lafut ialah wanita yang melahirkan anak dari laki-laki selain kamu."

Sumber:Okezone