Kamis, 10 Oktober 2019 21:48

Gempa di Ambon Telan Korban Jiwa

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi
Ilustrasi

Kota Ambon diguncang gempa Magnitudo 5,2, sekira pukul 11.39 WIB, akibat gempa tersebut dikabarkan satu orang tewas dan dua orang luka-luka.

RAKYATKU.COM - Kota Ambon diguncang gempa Magnitudo 5,2, sekira pukul 11.39 WIB, akibat gempa tersebut dikabarkan satu orang tewas dan dua orang luka-luka.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan, pusat gempa berada pada jarak 16 km arah timur laut Kota Ambon dengan kedalaman 10 km. Gempa tersebut telah menewaskan seorang warga.

"Satu orang meninggal dunia di wilayah Passo dan 2 orang luka-luka. Korban meninggal atas nama Vincent Ananto (15) dan korban luka-luka yaitu Vido Maitimu (21) dan Kristian (36)," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Agus Wibowo dalam keterangannya, Kamis (10/10/2019).

Di samping itu, BMKG juga merilis bahwa hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi di wilayah Ambon ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan sesar mendatar (strike slip fault). BMKG mencatat 8 gempa susulan terjadi hingga Kamis (10/10) pukul 12.05 WIB. Hasil monitoring BMKG menunjukkan gempa susulan dengan magnitudo terbesar M 4,6, dikutip dari okezone.com.

Ia pun mengimbau masyarakat tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak benar, sedangkan BMKG juga mengimbau agar menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.