Kamis, 10 Oktober 2019 06:00

Begini Penampakan Jet Bekas Jusuf Kalla yang Terlihat di Sebuah Kampung di Wonogiri

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Penampakan pesawat jet bekas milik JK di Wonogiri.
Penampakan pesawat jet bekas milik JK di Wonogiri.

Jet milik Wakil Presiden Jusuf Kalla terlihat di Dusun Kebonagung, Desa Kebonagung, Sidoharjo, Wonogiri. Ada apa?

RAKYATKU.COM,JAKARTA - Jet milik Wakil Presiden Jusuf Kalla terlihat di Dusun Kebonagung, Desa Kebonagung, Sidoharjo, Wonogiri. Ada apa?

Pesawat berbadan kecil tersebut ditemukan terparkir di halaman Istana Parnaraya. Gedung ini mirip Istana Negara.

Belakangan diketahui, pesawat jet bekas itu sudah berpindah tangan.

Dikutip dari Solopos, pesawat jet tersebut dibeli seorang pengusaha bernama Suparno. Dia juga berasal dari Wonogiri.

Pesawat jet itu menghiasi halaman Istana Parnaraya yang dibuka sejak Agustus 2017 itu sebagai tempat wisata. Bagian pesawat diangkut secara terpisah untuk memudahkan pengangkutan.

Saat ini badan pesawat sudah dirangkai menjadi satu, tetapi masih perlu digarap lebih lanjut, seperti pengampelasan bagian yang disatukan, mengganti interior, dan sebagainya.

Beberapa mekanik sibuk mengerjakan pekerjaan itu, Senin 7 Oktober 2019. Seusai membeli tiket masuk, pengunjung silih berganti berswafoto atau berfoto grup di dekat pesawat dengan latar Istana Parnaraya yang megah.

Ada pula yang hanya memfoto pesawat Bombardier Learjet 31A tersebut. Menurut General Manager Wisata Istana Parnaraya, Endang Istriningsih, pesawat jet bekas pakai itu pernah dimiliki perusahaan Jusuf Kalla, Wakil Presiden Indonesia saat ini.

Jusuf Kalla yang biasa dipanggil JK kerap menggunakan pesawat jet itu untuk bepergian bersama istri tercintanya, Mufidah. JK pun mengabadikan nama istrinya di bagian depan pesawat.

Endang memastikan akan mempertahankan tulisan Mufidah itu untuk menjaga keautentikan dan nilai sejarah pesawat.

"Pesawat ini menjadi wahana baru yang unik," kata Endang.

Wahana pesawat itu rencananya dibuka untuk umum pada pertengahan Oktober 2019. Selain untuk spot foto bagi pengunjung reguler, pengelola juga akan melayani pesanan untuk foto pranikah.