Selasa, 08 Oktober 2019 00:30

Bikin SIM Sebaiknya Tak Pakai Baju Warna Biru, Tahu Alasannya?

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Saat hendak memiliki Surat Izin Mengemudi atau SIM, pemohon harus melakukan beragam jenis tes, mulai dari kesehatan, ujian teori, hingga praktik

RAKYATKU.COM - Saat hendak memiliki Surat Izin Mengemudi atau SIM, pemohon harus melakukan beragam jenis tes, mulai dari kesehatan, ujian teori, hingga praktik mengendarai kendaraan sesuai jenis SIM yang diingkan.

Selain itu, salah satu proses yang harus diikuti adalah foto diri pemohon SIM. Untuk mendapatkan gambar yang baik saat sesi foto SIM, ternyata ada persyaratan khusus yang harus dipenuhi. 

Pemohon SIM, disarankan untuk tidak menggunakan baju, kemeja, ataupun jilbab berwarna biru. Informasi ini diketahui dari unggahan di media sosial Instagram. 

Hal ini harus menjadi perhatian pembuat SIM, karena busana biru menyerupai latar belakang foto SIM yang berwarna biru, dan terdapat logo satuan Korps Lalu Lintas Polri.

"Karena saat sistem menyesuaikan untuk menyimpan data, akan terjadi pada gambar sebagian hilang, dikarenakan sama dengan background," demikian keterangan dikutip dari akun @polantasindonesia, Senin (7/10/2019).