Sabtu, 14 September 2019 11:20

8 Makanan yang Dianggap Sehat Namun Bisa Berbahaya

Suriawati
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Biji ceri mengandung hidrogen sianida yang berbahaya bagi tubuh manusia
Biji ceri mengandung hidrogen sianida yang berbahaya bagi tubuh manusia

Makan kentang hijau atau mentah sangat berbahaya. Ini mengandung 'solanin' yang merupakan unsur beracun yang dapat meracuni perut Anda

RAKYATKU.COM - Terkadang, hal-hal baik bisa memiliki kelemahan tertentu. Dan, percayakah Anda bahwa beberapa makanan ramah kesehatan, bisa berbahaya?

Yah, beberapa makanan sehat bisa menimbulkan bahaya jika dikonsumsi secara berlebihan, atau dimakan dengan cara yang tidak tepat.

Berikut beberapa makanan umum yang bisa berbahaya bagi kesehatan:

1. Kentang
Makan kentang hijau atau mentah sangat berbahaya. Ini mengandung 'solanin' yang merupakan unsur beracun yang dapat meracuni perut Anda dan mempengaruhi sistem saraf.

Jika Anda makan banyak kentang mentah, maka Anda mungkin akan menderita sakit kepala, mual, dan kelelahan.

2. Ceri
Ini mungkin mengejutkan karena ceri termasuk di antara makanan yang bermanfaat. Tetapi ketahuilah bahwa daun dan bijinya mengandung senyawa beracun.

Biji ceri mengandung hidrogen sianida yang berbahaya bagi tubuh manusia. Ini dapat menyebabkan kecemasan, sakit kepala, masalah pernapasan, dan yang lebih buruk adalah gagal ginjal!

3. Es krim
Es krim harus dimakan beku. Ini menjadi tidak sehat saat suhunya hangat, sehingga dapat menyebabkan disentri dan diare.

[NEXT]

4. Kacang mete mentah
Kacang mete mentah mengandung urushiol, bahan kimia berbahaya yang bisa berakibat fatal jika dikonsumsi. Siapa pun yang mengonsumsi kacang mete mentah dalam jumlah besar bahkan bisa mati!

5. Kacang almond
Tahukah Anda bahwa ada dua jenis almond, yaitu manis dan pahit. Almond manis baik untuk kesehatan, tapi almond pahit sangat beracun.

Ini mengandung dua bahan kimia berbahaya, yaitu hidrogen sianida dan glikosida amigdalin yang jika dikonsumsi terlalu banyak dapat mematikan.

[NEXT]

6. Jamur
Dari ratusan varietas jamur, 12 sangat beracun, dan sekitar 100 lainnya agak beracun. Jamur paling mematikan adalah jamur topi kematian.

7. Buah pala
Buah pala bisa memberi efek halusinogen jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Ini dapat menyebabkan dehidrasi, mual, mulut kering, detak jantung tidak teratur, dll.

8. Ikan tuna
Tuna sangat terkenal sebagai ikan yang baik untuk kesehatan manusia. Namun, sangat penting untuk menyimpannya pada suhu dingin. Jika disimpan pada suhu yang hangat, ia melepaskan racun berbahaya yang tidak dapat dihilangkan. Dokter menyarankan wanita hamil untuk menghindari konsumsi ikan tuna.