Jumat, 30 Agustus 2019 23:45

Wali Kota Palopo Terima Kunjungan Tim Verifikasi STBM Award 2019

Mays
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wali Kota Palopo, HM Judas Amir
Wali Kota Palopo, HM Judas Amir

Wali Kota Palopo, Drs. HM. Judas Amir, MH., menerima tim verifikasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award tahun 2019, di Rujab Walikota, Sakotae, Jumat, (30/8/2019).

RAKYATKU.COM, PALOPO – Wali Kota Palopo, Drs. HM. Judas Amir, MH., menerima tim verifikasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award tahun 2019, di Rujab Walikota, Sakotae, Jumat, (30/8/2019).

Pada kesempatan itu Judas menyampaikan, Kota Palopo berkomitmen untuk terus mengoptimalkan 5 Pilar STBM dalam rangka mencapai target akses layanan layak sanitasi.

Pemerintah Kota Palopo lanjut dia, akan hadir di barisan terdepan dalam memenuhi kebutuhan dasar masyarakat, khususnya layanan sanitasi demi kehidupan yang lebih sehat, layak dan berkelanjutan. 

Sementara itu, Ketua Tim Penilai STBM Award 2019 Deasy Sekar Tanjung Sari, menyampaikan maksud dari kedatangannya bersama tim, bukan hanya sekadar menilai, tetapi juga melakukan verifikasi dan penjelasan/penyuluhan tentang apa saja yang telah dilakukan kota Palopo terkait pelaksanaan 5 pilar dari Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). 

Penyuluhan yang dilakukan kepada masyarakat seperti cuci tangan pakai sabun, melakukan pengamanan terhadap makanan dan minuman rumah tangga, pengolahan sampah dan pengolahan limbah cair rumah tangga yang dihasilkan, merupakan bahagian dari gerakan STMB ini. 

"Sudah ada inovasi terbaik Kota Palopo terkait pengolahan sampah, di mana bagitu besar antusias masyarakat untuk mensukseskan 5 pilar dengan dukungan Pemerintah Kota Palopo,” ungkapnya. 

STBM award ini merupakan agenda tahunan, dan tahun ini merupakan tahun kedua, yang saat ini telah mencapai 22 lokasi di seluruh Indonesia. Salah satunya, Kota Palopo. 

Dalam kunjungan tim STBM Award 2019 di Kota Palopo, akan mengunjungi, TPA Kelurahan Mancani, Kelurahan To'bulung, Puskesmas Bara Permai, Lokasi IPAL Kelurahan Dangerakko, Kelurahan Songka dan Lokasi New Site Development (NSD). 

Hadir dalam menerima tim verifikasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award tahun 2019 ini, Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel, Lukman, Pamsimas, Ahmad Taufik Kulungan, Kepala Bappeda, Firmanza, Kepala BPKAD, Samil Ilyas, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Taufik, S.Kep, Ns.,M. Kes, Asisten III Administrasi Umum, Dr.dr. Ishaq Iskandar, M.Kes serta undangan lainnya.