Selasa, 20 Agustus 2019 00:30

Smartfren Akhirnya Uji Coba 5G di Indonesia

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Smartfren Akhirnya Uji Coba 5G di Indonesia

Smartfren mulai menguji coba penerapan 5G di Indonesia. Menjajal teknologi anyar itu, Smartfren menggandeng ZTE, perusahaan penyedia teknologi asal Tiongkok.

RAKYATKU.COM - Smartfren mulai menguji coba penerapan 5G di Indonesia. Menjajal teknologi anyar itu, Smartfren menggandeng ZTE, perusahaan penyedia teknologi asal Tiongkok.

"5G sudah mulai digelar. Beberapa negara sudah ada yang komersial dan ada juga yang mulai trial. Pressure ini pasti akan datang ke Indonesia. Teknologi ini tidak bisa dihindarkan soon or later," ujar Presiden Direktur PT Smartfren Telecom Merza Fachys di Marunda Refinary, Bekasi, Jawa Barat, Senin (19/8/2019).

Menguji jaringan generasi kelima ini, Smartfren lebih dahulu membidik sektor industri. Diimplementasikan di PT Sinarmas Agro Resources and Technology Tbk (PT Smart Tbk). Teknologi yang ditunjukkan adalah dengan memasang 360 camera, yang terkoneksi dengan jaringan 5G ke virtual reality headset secara real time di jalur logistik pengiriman barang PT Smart.

"Bayangkan jika skala penerapannya lebih besar dan tidak hanya di sekitar lingkungan pabrik tetapi berbeda kota (pabrik dan operator) maka operator tidak perlu berada di lokasi untuk melakukan fungsi pemantauan sehingga lebih efisien," tambah Merza.

Dengan uji coba teknologi 5G yang dilakukan ini, Smartfren turut melengkapi operator seluler seperti Telkomsel, XL Axiata, dan Indosat Ooredoo yang sebelumnya sudah melakukan uji serupa.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memberikan lampu hijau kepada Smartfren untuk memanfaatkan pita frekuensi 28 GHz atau milimeter wave dalam uji coba teknologi 5G. 

Kominfo memberi izin trial 5G ini selama 12 bulan terhitung sejak 1 Agustus 2019, di mana tiap enam bulannya dilakukan evaluasi.

Sumber: Detik.com