Selasa, 06 Agustus 2019 17:39

Diwarnai 1 Kartu Merah dan Cedera Guy Junior, PSM Unggul 1-0 Atas Persija di Babak Pertama

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Diwarnai 1 Kartu Merah dan Cedera Guy Junior, PSM Unggul 1-0 Atas Persija di Babak Pertama

Babak pertama laga antara PSM Makassar menjamu Persija Jakarta pada leg kedua Final Piala Indonesia 2018/2019 di Stadion Andi Mattalatta

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Babak pertama laga antara PSM Makassar menjamu Persija Jakarta pada leg kedua Final Piala Indonesia 2018/2019 di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Selasa (6/8/2019) telah berakhir.

Hasilnya, PSM berhasil unggul 1-0 lewat gol cepat Aaron Evans pada menit ke-3. Gol ini sekaligus menyamakan agregat gol sementara menjadi 1-1.

Pada awal babak pertama, PSM langsung menggebrak. Usaha tersebut langsung berbuah gol cepat untuk tuan rumah pada menit ke-3. Bermula dari tendangan penjuru yang diambil oleh Wiljan Pluim, Aaron Evans yang lepas dari pengawalan pemain belakang Persija terbang menyundul bola dan langsung mengoyak jala gawang Persija yang dikawal Andritany Ardhiyasa. Skor pun berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan PSM.

Setelah unggul dan menyamakan agregat gol, PSM tak mengendurkan serangan-serangannya. Terbukti pada menit ke-6, peluang emas kembali didapatkan PSM. M Rahmat dijatuhkan oleh pemain belakang Persija, hanya saja tendangan bebas yang diambil oleh Wiljan Pluim masih dapat diamankan oleh Andritany.

Pada menit ke-10, giliran Ferdinand Sinaga yang mengancam gawang Persija. Hanya saja, sepakan pemain berjuluk The Dragon itu masih terlampau lemah dan ditangkap dengan sigap oleh Andritany.

Persija sendiri bukannya tanpa peluang. Pada menit ke-14, tim Macan Kemayoran mendapatkan hadiah tendangan bebas pada posisi ideal di depan pertahanan PSM. Namun, Bruno Matos yang menjadi algojo tak mampu memanfaatkan peluang tersebut dengan baik. Tendangannya masih melambung diatas mistar gawang PSM yang dikawal Rivky Mokodompit.

Sialnya, setelah itu, penyerang PSM, Guy Junior harus ditarik keluar akibat menderita cedera. Guy bahkan harus ditandu keluar lapangan dan selanjutnya dinaikkan ke ambulance menuju rumah sakit untuk pemeriksaan selanjutnya. Posisi Guy pun digantikan oleh Zulham Zamrun.

Sejak menit ke-30, laga berlangsung dalam tensi tinggi. Permainan keras dipertontonkan oleh kedua kesebelasan. Alhasil, penyerang Persija, Sandi Darman Sute harus diganjar kartu merah oleh wasit Fariq Hitaba setelah menerima akumulasi kartu kuning.

Bermain dengan 10 pemain, Persija tetap berupaya mengimbangi permainan PSM. Beberapa kali Ismed Sofyan cs mendapatkan hadiah tendangan bebas disekitar area pertahanan PSM. Hanya saja, Riko Simanjuntak dan Bruno Matos yang bergantian menjadi algojo tak mampu memanfaatkan peluang tersebut dengan baik.

Pada injury time, PSM nyaris menggandakan keunggulan. Sayangnya, aksi solo Ferdinand Sinaga yang diakhiri dengan sepakan indah masih membentur mistar gawang sebelah kanan Persija. 

Meski PSM terus melakukan serangan yang bertubi-tubi dipenghujung babak pertama, tak ada gol lagi yang tercipta. Hingga turun minu, skor 1-0 untuk keunggulan PSM tak berubah.