Selasa, 09 Juli 2019 08:00

Tertembak Pasukan Sendiri, Tentara Israel Tewas di Gaza

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: Middle East Monitor.
Foto: Middle East Monitor.

Seorang perwira militer Israel tewas dalam bentrokan dengan Hamas di Jalur Gaza pada November 2018 lalu.

RAKYATKU.COM - Seorang perwira militer Israel tewas dalam bentrokan dengan Hamas di Jalur Gaza pada November 2018 lalu. Perwira itu tewas akibat tertembak secara tidak sengaja oleh pasukannya sendiri.

Militer Israel mengungkap sebagian kesimpulan penyelidikan atas kematian seorang letnan kolonel berinisial M tersebut.

Seorang juru bicara militer mengklarifikasi kepada AFP sang perwira tewas akibat kesalahan tembakan fatal oleh rekannya sendiri berinisial A.

"Letnan Kolonel A menembaki sekelompok teroris Hamas yang ada di sana. Selama baku tembak, Letnan Kolonel M juga terbunuh," bunyi pernyataan militer Israel.

Laporan itu menyampaikan perwira tewas ketika terlibat operasi intelijen di dekat Khan Yunis, selatan Gaza.

Dalam operasi itu, Letnan Kolonel M dan sejumlah personel lainnya menyamar sebagai warga sipil. Operasi pasukan khusus pada 11 November 2018 itu berubah menjadi bencana ketika para pasukan yang menyamar, termasuk Letnan Kolonel M, terlihat oleh pasukan Hamas di wilayah itu.

Pernyataan militer Israel tidak menjelaskan tujuan dari operasi pasukan khusus itu. Operasi tersebut disebut dibatalkan tak lama setelah bentrokan terjadi.

"Analisis para penyelidik tentang kronologi insiden itu berlangsung menunjukkan sejumlah kesalahan eksekusi yang dilakukan oleh pasukan misi tersebut, baik sebelum dan selama operasi berlangsung. Dan itu akhirnya mengarah pada insiden tersebut," bunyi pernyataan militer Israel.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan akan mempelajari dan memberikan rekomendasi dari kesimpulan penyelidikan itu.