Minggu, 07 Juli 2019 10:23

Pesan Mengharukan Sutopo Purwo Nugroho sebelum Meninggal Dunia

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Sutopo Purwo Nugroho semasa hidup. (Foto: Beritagar)
Sutopo Purwo Nugroho semasa hidup. (Foto: Beritagar)

Kepala Pusat Data Informasi da Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, meninggal dunia

RAKYATKU.COM - Kepala Pusat Data Informasi da Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, meninggal dunia, Minggu (7/7/2019) di Guangzhou, Tiongkok.

Kabar meninggalnya Sutopo Purwo Nugroho pertama kali diunggah di Twitter oleh Direktorat Pengurangan Risiko Bencana (PRB) PNPB yang menyebut Sutopo meninggal dunia pada pukul 02.00 waktu Guangzhou atau pukul 01.00 WIB.

Sutopo dikenal sebagai penyintas kanker paru-paru stadium 4. Hal itu juga ditulisnya di keterangan Twitter resminya. Ia di diagnosis kanker paru-paru sekitar Desember 2017.

Keberangkatannya ke Guangzhou, Tiongkok, sempat diunggahnya di akun Instagramnya. Menurut Sutopo, kanker yang ada ditubuhnya sudah menyebar. Dia meminta doa dan restu dari warganet untuk menjalani satu bulan pengobatan di Guangzhou.

"Hari ini saya ke Guangzho untuk berobat dari kanker paru yang telah menyebar di banyak tulang dan organ tubuh lain. Kondisinya sangat menyakitkan sekali," kata Sutopo mengunggah video, Sabtu (15/6/2019), yang menunjukkan dirinya berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta.

Sebelum unggahan video keberangkatannya ke Guangzhou, Sutopo juga sempat mengunggah foto saat masih berada di kediamannya.

Dalam unggahannya Sutopo menulis kata-kata mengharukan:

"Sakit kanker yang sudah metastase ke tulang itu sakitnya luar biasa. Nyeri terus menerus dan di banyak sendi. Diberi morfin tidak mempan menahan sakit,"

"Alhamdulillah Ibuku masih sehat. Setiap merawatku. Tanpa kenal kenal lelah memijit sendi-sendi yang sakit. Meski selesai dipijit langsung sakit lagi. Mendoakankanku tanpa kenal lelah agar anaknya sembuh dari penderitaan sakit yang terus mendera anaknya. Doa ibu semoga di ijabah Allah YMK. Mohon doanya semua netizen dan sahabatku semua," tulis Sutopo.