Senin, 01 Juli 2019 23:27

93 Orang Daftar Calon Pimpinan KPK, Dosen Mendominasi

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: Tirto.id.
Foto: Tirto.id.

Sudah ada 93 orang mendaftarkan diri sebagai kandidat calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin (1/7/2019). Pendaftar didominasi dosen.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Sudah ada 93 orang mendaftarkan diri sebagai kandidat calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin (1/7/2019). Pendaftar didominasi dosen serta pengacara. 

"Jadi dosen 22 orang, advokat 20," kata Ketua Tim Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan KPK periode 2019-2023, Yenti Ganarsih, di Kantor BNPT, Jakarta Pusat.

Selain itu, ada pula kandidat berprofesi sebagai dokter, polisi, bekerja di bidang pajak, keuangan, hingga pensiunan jaksa. 

Yenti berujar, terjadi lonjakan jumlah pendaftar pada H-3 penutupan pendaftaran. Sebanyak 22 orang mendaftar ke Pansel hari ini.

Jika dalam beberapa hari ini jumlah pendaftar terus meningkat, maka tak menutup kemungkinan masa pendaftaran calon pimpinan KPK akan diperpanjang. 

"Berkaitan dengan apakah akan diperpanjang apa tidak, pada awalnya kita mengatakan kan kita 14 hari kerja, bisa diperpanjang artinya bisa juga tidak," kata Yenti. 

Yenti mengatakan, pihaknya tidak hanya melihat kuantitas pendaftar, tetapi juga kualitas. "Kalau dari kualitas juga sudah cukup misalnya ya mungkin kita tidak perpanjang," kata dia. 

Pansel masih dalam tahapan audiensi dengan beberapa instansi terkait, seperti KPK, Polri, Kejaksaan Agung, dan media. Pendaftaran capim KPK berlangsung pada 17 Juni hingga 4 Juli 2019.

Sumber: Kompas.com