Senin, 01 Juli 2019 20:48

Pemkot Makassar Berencana Buka Lahan Pemakaman Baru

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Peninjauan lahan di Kecamatan Manggala.
Peninjauan lahan di Kecamatan Manggala.

Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb, berencana membuka lahan pemakaman baru di kecamatan Manggala. 

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb, berencana membuka lahan pemakaman baru di kecamatan Manggala. 

Luas lahan yang dipersiapkan sekitar 48.597 meter persegi yang telah melewati tahap pembebasan lahan. Hal ini dilakukan untuk mengatasi terbatasnya lahan pemakaman di Sudiang. 

"Tadi kami sudah melakukan peninjauan lahan di kecamatan Manggala. TPU baru dibutuhkan karena lahan di Sudiang sudah tidak mampu lagi menampung atau sudah penuh," terang Iqbal (1/7/2019). 

Saat ini Pemkot Makassar memiliki tujuh kompleks pemakaman yaitu Pekuburan Islam Sudiang, Paroppo, Biruanging, Dadi, Maccini, Pekuburan Kristen Panaikang, dan Pannara. 

Di antara ketujuh kompleks pemakaman itu, hanya TPU Sudiang yang masih aktif hingga saat ini, dan diprediksi tahun 2020 akan ditutup karena penuh. 

"Ada enam sampai tujuh makam baru di TPU Sudiang setiap hari, dengan kondisi seperti ini, TPU Sudiang hanya mampu bertahan hingga tahun depan," kata Kepala UPT Pemakaman St Khadijah Amiruddin. 

Olehnya itu, rencana Pj Wali Kota Iqbal membuka TPU baru dinilai sebagai solusi yang tepat untuk mengatasi minimnya lahan TPU di Makassar.